Kontak dengan Wali Kota, Dua Wartawan Jadi PDP dan ODP

Para Pejabat Tanjung Pinang Bakal Diperiksa Meski Tidak Bergejala Corona

INTREN.ID, BATAM – Positifnya Wali Kota Tanjung Pinang Syahrul berbuntut panjang. Dua orang wartawan yang pernah kontak dengannya, masing-masing ditetapkan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Status kedua wartawan tersebut disampaikan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri Tjetjep Yudiana, saat di hubungi intren.id, Selasa (14/4/2020). Dua wartawan tersebut berinisial II dan IH.

Kata Tjetjep, wartawan berinisial II kini telah dilakukan perawatan di RSUD Raja Ahmad Tabib, Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Pasalnya II mengalami gangguan pernafasan.

Sementara satu wartawan lainnya berinisial IH, tidak menunjukkan gejala apapun. Atas dasar hal itu, pihaknya menyarankan IH untuk melakukan Isolasi secara mandiri.

“Kedua wartawan tersebut pernah meliput kegiatan bersama Pak Wali Kota di awal bulan. Hanya saja tidak menggunakan masker,” kata Tjetjep.

Setelah Wali Kota Tanjung Pinang Syahrul ditetapkan sebagi pasien Positif Covid-19 pada Senin (13/4/2020) lalu, beberapa orang dekatnya juga telah menjalani pemeriksaan menggunkan rapid test.

“Kami masih telusuri siapa saja yang pernah kontak dengan pasien (Syahrul, Red.). Dan akan kami lakukan pemeriksaan. Kalau hasil rapid test dari Ibu wali kota negatif,” ungkapnya.

Pejabat pemerintahan yang dekat dengan Syahrul juga akan dilakukan pemeriksaan. Meskipun tidak ada menunjukkan gejala. Untuk pemeriksaan menggunakan rapid test kepada para pejabat tersebut akan dilakukan Selasa hari ini.

Tjetjep juga menyampaikan kepada para awak media serta orang yang merasa pernah menjumpai wali kota Tanjung Pinang, untuk bisa melaporkan diri ke dinas kesehatan kota. Untuk segera bisa menjalani pemeriksaan.

“Tentu saja yang mengetahui pernah kontak dengan pasien hanya mereka sendiri. Karena saat ini tidak mungkin kita tanyakan langsung kepada pasien,” pungkasnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.