KONI Kepri Minta Semua Cabor Lakukan Pelatda Mandiri

Songsong PON Papua, Upaya Memutus Penyebaran Virus Corona

INTREN.ID, BATAM – Ketua umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kepulauan Riau (Kepri) Usep RS, telah menyurati kepada seluruh cabang olahraga (cabor). Surat tersebut meminta semua cabor untuk menghentikan seluruh pelatihan yang diadakan secara langsung bakal persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Provinsi Papua.

“Surat tersebut sesuai dengan surat dari KONI Pusat untuk menghentikan kegiatan sementara. Seperti musprov (musyawarah provinsi, Red.) dan muscab (musyawarah cabang, Red.),” kata Usep yang menjabat Ketum KONI Kepri pada bulan Februari 2020 lalu.

Kata Usep, PON XX 2020 di Papua mendatang akan dilakukan penundaan. Karena adanya pandemi virus corona baru (Covid-19).

“Ada sebanyak 15 Cabor yang telah lolos dan akan mengikuti PON di Papua mendatang,” kata Usep.

Sejak Maret lalu, beberapa kegiatan seperti pemusatan latihan daerah (Pelatda) penuh masih tetap dilaksanakan. Termasuk pelatda berjalan dan Training Camp (TC). Pelatda ini diharapkan diganti dengan pelatda secara mandiri.

- ADVERTISEMENT -

“Pada pelatda mandiri ini, para atlet hanya melakukan pelatihan fisik dan tidak ada melakukan pertandingan. Untuk menghindari pertemuan dalam jumlah yang banyak,” ungkapnya.

Usep menyatakan, KONI Kepri berharap KONI di kabupaten/kota untuk mengikuti imbauan tersebut. Dalam upaya memutus penyebaran Covid-19 di Kepri.

Usep juga mengatakan kepada para atlet yang berada di cabor yang memiliki kualifikasi berat badan, harus tetap menjaga berat badan secara sungguh-sungguh. Agar tetap bisa melanjutkan pertandingan di PON mendatang.

“Pakai masker, tetap di rumah, cuci tangan dan jaga jarak,” tegas Usep. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.