Komisioner hingga Staf KPU Balikpapan Jalani Swab Test Massal Usai Ketuanya Terpapar Covid-19, Ini Hasilnya

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Setelah ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan, Nur Thoha terkonfirmasi positif Covid-19 pada akhir pekan lalu, Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan menindaklanjuti dengan melakukan swab test massal terhadap komisioner, pegawai, dan staf KPU Balikpapan pada Senin (26/10/2020).

“Dari 54 orang yang mengikuti swab test massal, 47 di antaranya telah terkonfirmasi dengan hasil negatif. Sementara tujuh lainnya masih menunggu pemeriksaan,” tutur Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi yang juga ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan saat jumpa pers di Kantor Wali Kota, Selasa (27/10/2020).

Diterangkan lebih lanjut, tujuh orang yang masih menunggu hasil pemeriksaan dikarenakan datang terlambat ke laboratorium. Sehingga sampel mereka tidak dapat diperiksa bersamaan dengan lainnya.

“Sedangkan kondisi ketua KPU Balikpapan dilaporkan baik, gejala indra penciuman yang sempat hilang sudah mulai berfungsi kembali, dan sekarang saat ini beliau menjalani isolasi mandiri di Asrama Haji,” tambah Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan, Andi Sri Juliarty.

Saat jumpa pers, Rizal Effendi mengimbau kepada masyarakat dan aparatur sipil negara (ASN) untuk tetap berada di rumah selama libur panjang. Jika pun bepergian wajib menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

“Juga kami ingatkan, apabila merasa gejala Covid-19 seperti demam, flu, hilang indra penciuman segera memeriksakan diri ke dokter atau fasilitas terdekat,” ungkapnya.

- ADVERTISEMENT -

Kembali ditambahkan oleh Andi Sri Juliarty, saat rapat coffee morning, Pemkot Balikpapan juga memberi perhatian ke Pantai Manggar yang diprediksi akan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Sehingga perlu pengawasan lebih ketat untuk pencegahan Covid-19.

“Leading sector ini adalah Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga) dan camat setempat. Jadi mereka akan berkoordinasi dan menyiapkan agar protokol kesehatan berjalan, kemudian juga menempatkan relawan-relawan. Selain di Manggar, juga objek wisata pantai lain di Balikpapan Timur,” jelasnya.

Sementara itu, Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan melaporkan, terdapat penambahan terkonfirmasi positif 21 kasus, 27 selesai isolasi, dan tidak ada kasus meninggal dunia.

Di tempat yang sama, Pemkot Balikpapan juga menerima bantuan dari PT Meratus Line berupa sembako berjumlah 100 paket. Kepala Cabang Meratus Balikpapan, Arief Hidayat mengatakan, bantuan ini diberikan dalam rangka memperingati ulang tahun perusahaan ke-63 kepada warga terdampak Covid-19.

Bantuan sembako juga diserahkan oleh PT Jaya Utama Sukses dan PT Jaya Meiko Sukses sebanyak 1.000 paket. Direktur Jaya Utama Sukses, Cardayo Utama berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi warga yang menerima bantuan. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.