Komisi V DPR RI Kunjungi Sangatta, Terkait Masalah Banjir, Irwan: Negara Harus Hadir dalam Persoalan Bencana Alam

INTREN.ID, SANGATTA – Banjir yang melanda Sangatta belakangan menyebabkan 14.318 kepala keluarga atau sekitar 57 ribu jiwa yang tersebar di 112 rukun tetangga (RT) menjadi korban. Selain itu ratusan hektare lahan produktif pertanian terdampak, sehingga perekonomian masyarakat lumpuh lantaran petani bantaran sungai gagal panen dan mengalami kerugian.

Tak hanya itu saja, infrastruktur juga banyak rusak. Satuan pendidikan pun mengalami kerusakan, rinciannya 23 pendidikan anak usia dini (PAUD), delapan sekolah dasar (SD), dan tiga sekolah menengah atas (SMA).

Pada Rapat Kerja Komisi V DPR RI dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadi Muljono beberapa waktu lalu, anggota DPR RI Dapil Kaltim, Irwan meminta Kementerian PUPR mengatasi banjir yang melanda Ibu Kota Kabupaten Kutai Timur (Kutim) itu.

“Kita harus tuntaskan masalah banjir ini. Balai Wilayah Sungai bilang bukan (wewenang) negara karena bukan Sungai Mahakam. Kalau alasan bukan wewenang, ini (banjir, Red.) enggak akan tuntas. APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) enggak mungkin selesaikan ini. Jadi kota mati kalau enggak selesai,” tegasnya.

Politisi Partai Demokrat itu menambahkan, negara harus hadir dalam persoalan bencana alam. Bukan cuma soal kemanusian, tapi juga keadilan. Pasalnya, di Sangatta ada pertambangan batu bara yang berkontribusi untuk negara.

“Ada tambang yang berkontribusi besar untuk negara. 70 juta metrik ton hasilnya, walaupun DBH (dana bagi hasil) kecil untuk daerah. Sehingga saya minta Pak Jokowi, Pak Basuki tangani banjir ini, karena faktor kemanusiaan dan keadilan,” tandasnya.

Dalam rangka menindaklanjuti usulan Irwan, Komisi V DPR RI akan melakukan kunjungan kerja ke Sangatta, Sabtu (25/06/2022) ini.

Ini adalah kabar baik untuk warga Sangatta, di mana para Senator Senayan turun lansung mendeteksi masalah dan solusi banjir yang senantiasa menghantui warga Sangatta. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.