Komisi III Gelar Fit and Proper Test Calon Komisioner Komnas HAM, Safaruddin Soroti soal Masalah Kepemilikan Tanah hingga Tupoksi

INTREN.ID, JAKARTA – Komisi III DPR RI menggelar fit and proper test atau uji kelaikan calon Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) periode 2022-2027, Jumat (30/9/2022). Para anggota dewan pun menyampaikan pendapatnya terhadap program kerja para calon.

Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Irjen Pol (Purn) Drs H Safaruddin mengatakan, banyak dinamika yang terjadi selama ini. Mulai dari masalah kepemilikan tanah hingga tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Komnas HAM. Hal itu dilakukan agar lembaga itu lebih baik ke depannya.

“Masalah kepemilikan tanah harus menjadi atensi. Di beberapa daerah terjadi persoalan tanah antara masyarakat dengan perusahaan. Di mana, masyarakat mempertahankan hak atas kepemilikan tanah tersebut. Apa langkah-langkah dan terobosan Komnas HAM untuk menyelesaikan persoalan itu,” kata anggota Komisi III DPR RI yang membidangi persoalan hukum, keamanan, dan hak asasi manusia itu.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim itu juga menyoroti tupoksi Komnas HAM. Terkadang, lembaga itu keluar dari tugas-tugasnya. Sehingga, perlu adanya penjabaran tugas yang lebih terperinci dan terukur. Bukan berdasarkan selera masing-masing.

“Terkadang Komnas HAM ini menangani kasus yang di luar dari tupoksi-nya. Untuk menghindari itu, harus dibuat tugas pokok yang lebih rinci. Jadi ada paramater-parameter yang dibuat. Ada kasus yang harus ditangani, ternyata tidak ditangani. Jadi harus ada SOP (standard operating procedure), apa sih kasus yang harus ditangani. Tidak boleh tergantung selera masing-masing,” tegas Kapolda Kaltim 2015-2018 itu. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.