Komisi III DPRD Bontang Tinjau Titik Banjir, Ingatkan Pemerintah Jadi Program Skala Prioritas

INTREN.ID, BONTANG – Komisi III DPRD Kota Bontang menggelar inspeksi mendadak alias sidak ke Jalan R Suprapto, Kelurahan Api-Api, Senin (29/3/2021). Dalam sidak tersebut, hadir pula Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Perkimtan), Camat Bontang Utara, Lurah Api-Api, serta Ketua RT 24 Kelurahan Api-Api.

“Kami meninjau drainase di seberang RS Amalia (Jalan R Suprapto, Red.) karena mendapat laporan bahwa sering muncul genangan air. sehingga mengganggu aktivitas warga dan pengguna jalan,” kata anggota Komisi III DPRD Bontang, Abdul Samad.

Menurutnya, normalisasi drainase harus segera dilakukan untuk menghindari kemungkinan terjadinya banjir. Apalagi, pemilik lahan bersedia menghibahkan lahannya ke pemerintah untuk dibuatkan drainase. Dengan demikian, air bisa langsung mengalir ke sungai.

“Kita harus apresiasi pemilik lahan yang bersedia membebaskan lahannya untuk kepentingan masyarakat. Di samping itu juga tidak membebani APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah). Diperkirakan, perbaikan berlangsung tahun ini dengan estimasi anggaran Rp 200 juta,” ucapnya.

Sementara, Ketua Komisi III DPRD Bontang, Amir Tosina mendesak pemerintah memasukkan program penanganan banjir menjadi skala prioritas. Hal itu sesuai dengan panitia khusus (pansus) banjir dengan alokasi anggaran 10 persen.

“Sampai saat ini, kami di DPRD Bontang tak henti-hentinya medapatkan aduan dari masyarakat yang terdampak banjir. Makanya, pemerintah harus mengoptimalkan anggaran 10 persen untuk penanganan banjir,” kata Amir. (***/adv)

Reporter: Herdianto

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.