Komisi III DPRD Bontang Gelar Sidak ke Waduk Kanaan, Sebut Airnya Tak Laik untuk Dikonsumsi

INTREN.ID, BONTANG – Komisi III DPRD Kota Bontang menggelar inspeksi mendadak alias sidak terkait kapasitas dan pemanfaatan Waduk Kanaan, Senin (24/5/2021). Dalam sidak tersebut, hadir pula Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Badan Lingkungan Hidup (BLH), Camat Bontang Barat, serta Lurah Kanaan.

Ketua Komisi III DPRD Kota Bontang, Amir Tosina mengatakan, air di Waduk Kanaan tersebut dianggap tidak laik untuk dikonsumsi. Musababnya, waduk itu tidak memiliki sumber mata air sendiri, sehingga hanya mengandalkan air hujan.

“Selain itu, di sekitar Waduk Kanaan terdapat permakaman dan peternakan. Jika dipaksakan, khawatir akan menimbulkan permasalahan di kemudian hari. Meskipun nantinya melalui proses penyaringan air, tapi menurut kami tidak maksimal,” katanya, usai sidak.

Dia menyarankan, kawasan tersebut sebaiknya dimanfaatkan sebagai taman rekreasi, irigasi sawah, atau  polder untuk mengantisipasi terjadinya banjir. Adapun yang saat ini paling siap digunakan sebagai alternatif air bersih adalah dengan memanfaatkan air bekas galian tambang.

“Pemanfaatan genangan air di lubang void Indominco dapat dialihfungsikan dan menjadi solusi untuk mengatasi pasokan air di Bontang. Komisi III DPRD Bontang akan mengawal dan membentuk tim percepatan, agar segera terealisasi,” bebernya.

Sebagai informasi, void merupakan bekas lubang tambang atau sisa lubang galian pertambangan. (***/adv)

Reporter: Herdianto

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.