Komisi III DPR RI Rapat Kerja dengan Kanwil Kemenkum-HAM Kaltim, Safaruddin Minta Pengawasan Orang Asing Harus Lebih Maksimal

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Komisi III DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur (Kaltim), dalam rangka Reses Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023, Rabu (5/10/2022). Mereka menggelar rapat kerja dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkum-HAM) Kaltim.

Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Irjen Pol (Purn) Drs H Safaruddin mengapresiasi pelaksanaan tugas dan fungsi Kanwil Kemenkum-HAM Kaltim. Kendati demikian, pihaknya terus mendorong agar Kanwil Kemenkum-HAM Kaltim terus meningkatkan pelayanannya. Terutama terkait pengawasan terhadap orang asing.

“Salah satunya terkait pengawasan orang asing. Baik itu yang menggunakan izin tinggal sebagai tenaga kerja asing maupun izin tinggal lainnya. Pengawasan harus dilakukan secara maksimal sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” kata anggota Komisi III DPR RI yang membidangi persoalan hukum, keamanan, dan hak asasi manusia itu.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim itu menambahkan, berdasarkan data Kanwil Kemenkum-HAM Kaltim, jumlah orang asing di Benua Etam sebanyak 1.062 orang. Di mana, mereka yang bekerja atau menggunakan izin tinggal sebagai tenaga kerja sebanyak 740 orang dan tersebar di 243 perusahaan.

“Koordinasi, komunikasi, dan sinergitas antara Kanwil Kemenkum-HAM Kaltim dengan perusahaan tempat orang asing bekerja dan stakeholders terkait harus terus dilakukan secara intensif. Sehingga, siapapun orang asing yang keluar-masuk Kaltim, dapat termonitor dengan baik,” kata Kapolda Kaltim 2015-2018 itu. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.