Komisi III DPR RI Gelar Uji Kelayakan Calon Hakim Agung dan Hakim Ad Hoc, Safaruddin: Mereka yang Terpilih Harus Profesional dan Berintegritas

INTREN.ID, JAKARTA – Komisi III DPR RI melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Hakim Agung dan Hakim Ad Hoc Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Mahkamah Agung, 27-28 Juni 2022. Ada tujuh calon hakim agung dan tiga calon hakim ad hoc yang mengikuti uji kelayakan tersebut.

Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Irjen Pol (Purn) Drs H Safaruddin mengatakan, tantangan penegakan hukum ke depannya memiliki beragam kompleksitas. Untuk itulah, kriteria yang terpilih harus memiliki profesionalitas dan integritas. Di samping itu juga memiliki kecakapan, kemampuan, wawasan, dan moral yang baik.

“Uji kelayakan dan kepatutan ini penting untuk dilakukan. Tentu harapan kita bersama, mereka yang terpilih harus profesional dan berintegritas. Karena ini menyangkut penegakan hukum di Indonesia,” kata anggota Komisi III DPR RI yang membidangi persoalan hukum, keamanan, dan hak asasi manusia itu.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim yang hadir dalam uji kelayakan dan kepatutan itu, juga mencecar berbagai pertanyaan kepada calon Hakim Agung dan Hakim Ad Hoc Tipikor pada Mahkamah Agung. Mulai dari mekanisme penyadapan tipikor, program kerja, hingga langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kualitas penegakan hukum di Indonesia.

“Apa yang saya sampaikan merupakan aspirasi dari masyarakat, khususnya Kaltim. Karena kita ingin hukum di negara kita lebih berkualitas. Mulai dari penanganan perkara hingga pemberkan vonis, haeus sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sehingga tidak menimbulkan kontroversi dan kegaduhan di masyarakat,” kata Kapolda Kaltim 2015-2018 itu.

Sebelas calon hakim yang menjalani uji kelayakan dan kepatutan itu terdiri atas delapan calon hakim agung dan tiga calon hakim ad hoc tipikor. Dari delapan calon hakim agung tersebut, empat di antaranya untuk kamar pidana, satu untuk kamar perdata dan agama, dan dua untuk Pengadilan Tata Usaha Negara Khusus Pajak. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.