Kombes Herry Heryawan Gagalkan Penyelundupan 402 Kg Sabu-Sabu

INTREN.ID, SUKABUMI – Keseriusan dalam memberantas peredaran narkoba ditunjukkan Kombes Herry Heryawan dan tim Satuan Tegas Khusus (Satgassus) Merah Putih. Rabu (3/6/2020), Herry bersama Satgassus kembali menggagalkan penyelundupan 402 kg narkoba jenis sabu-sabu sekira pukul 18.30 dari dua tempat kejadian perkara (TKP) di Jawa Barat.

Dari pengungkapan ini, Herry bersama tim menangkap enam orang tersangka pengedar sabu-sabu. Sabu-sabu senilai Rp 500 miliar itu rupanya berasal dari jaringan internasional Iran, sebagaimana kasus peredaran sabu-sabu pada dua pekan sebelumnya.

Dalam konferensi pers Kamis (4/6/2020) dijelaskan, pada TKP pertama di Pelabuhan Ratu, tim mengamankan sabu-sabu yang dikemas dalam dua bungkusan plastik wrapping bening. Kemudian di TKP kedua Sukaraja, Sukabumi, tim mengamankan sabu-sabu di dalam 333 bungkusan plastik wrapping bening, 5 bungkusan plastik wrapping hitam, dan satu bungkusan plastik bening.

Keenam tersangka yang diamankan yaitu BK (45), IL (33), SK (36), NH (40), RM (41), dan YF (31) yang kesemuanya beralamat di Sukabumi. Atas perbuatan mereka, para tersangka diancam dengan Pasal 114 Ayat (2) Subsider Pasal 112 ayat (2) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Kronologi penangkapan berawal dari adanya informasi telah terjadi transaksi narkotika jenis sabu-sabu dari Iran. Kali ini transaksi dilakukan dengan metode ship to ship dan dilakukan di tengah Samudra Hindia.

- ADVERTISEMENT -

Berdasarkan informasi itu, Herry selaku Ketua Tim Satgassus dan diasistensi Brigjen Pol Iwan Kurniawan, langsung melakukan pendalaman. Selanjutnya melakukan penelusuran terhadap jaringan tersebut.

Setelah melakukan pembuntutan, tim menangkap dua orang kru kapal berikut dua kg narkotika jenis sabu-sabu di Pelabuhan Ratu. Berikutnya dilakukan pengembangan hingga akhirnya berhasil menangkap tersangka lainnya.

Tim lantas melakukan penggeledahan sebuah rumah kosong di wilayah Sukaraja, Sukabumi. Dari penggeledahan itu ditemukan sabu-sabu seberat sekira 402 kg.

“Jika satu kg sabu-sabu digunakan sekira empat ribu orang, maka jumlah yang bisa diselamatkan dari 402 kg sabu-sabu ini sekira 1,608 juta orang,” terang Herry.

Keberhasilan Herry ini menambah daftar prestasi pengungkapan kasus narkoba jaringan internasional. Hanya dalam kurun waktu sekira empat bulan Herry bersama tim Satgassus Merah Putih berhasil menggagalkan peredaran sabu-sabu dengan total sekira 1,5 ton. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.