- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

KNPI Batam Gelar Bakti Sosial Donor Darah Bersama di Hari Jadi Ke-47

INTREN.ID, BATAM – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Batam menyelenggarakan kegiatan donor darah untuk memperingati hari jadi yang ke-47. Kegiatan ini diselenggarakan di Masjid Bukit Indah Sukajadi Kota Batam, Sabtu (25/7/2020) siang.

Ketua KNPI Kota Batam Teddy Nuh mengungkapkan, kegiatan donor darah ini merupakan kali pertama dilakukan KNPI dalam merayakan hari jadi KNPI Kota Batam.

Kata dia, kegiatan ini bisa terselenggara berkat kerja sama berbagai pihak seperti Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batam, KONI Kepulauan Riau (Kepri), DKM Masjid Bukit Indah Sukajadi Batam, organisasi motor hingga komunitas gowes.

“Kami bawakan tema ‘Setetes Harapan, Bersama Kita Kuat’ agar bisa mengajak masyarakat umum untuk bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan amal ini, dan membatu PMI kota Batam yang selalu Kekurangan stok darah,” ucap Tedi ditemui di sela kegiatan.

Teddy mengungkapkan alasan kegiatan amal donor darah dilakukan dalam memperingati HUT KNPI. Tak lain dengan melihat masih banyaknya informasi yang diterimanya berkaitan dengan kebutuhan pendonor darah.

“Ini artinya stok darah di PMI masih ada kekurangan. Mungkin di masa pandemi ini, minat masyarakat menjadi turun, jadi kita tingkatkan lagi dengan kegiatan ini,” katanya.

Lanjut Teddy, ke depan pihaknya telah menyusun kegiatan-kegiatan sesuai keadaan, seperti dalam waktu dekat ini yang berdekatan dengan ulang tahun NKRI. Dalam hal ini dirinya telah menyusun kegiatan yang bisa menumbuhkan rasa nasionalisme kepada pemuda Batam.

- ADVERTISEMENT -

Di lokasi yang sama Ketua KONI Kepri Usep RS menyampaikan, dengan melihat kondisi PMI yang kekurangan darah, akhirnya ide menyelenggarakan bakti amal donor darah ini terlaksana.

“Alhamdulillah mendapatkan dukungan dari berbagai komunitas otomotif, olahraga, pesepeda serta OKP-OKP juga. Insyaallah kami agendakan acara ini dilaksanakan tiga bulan sekali,” kata Usep.

Sementara itu Ketua Panitia Kegiatan Teddy Masdianto mengungkapkan, pemilihan tempat ibadah menjadi kegiatan amal untuk membuat masjid selain tempat ibadah juga sebagai sarana sosial yang bisa membantu sesama.

“Untuk peserta dalam kegiatan tidak dibatasi, baik jemaah setempat, komunitas, hingga saudara beragama lain pun kami perbolehkan,” ungkapnya.

Sebelumnya pihak panitia menargetkan 300 kantong darah bisa terkumpul hingga akhir kegiatan. “Alhamdulillah, hingga siang ini telah terkumpul hampir 200 kantong,” tutupnya.

Dengan masih dalam masa new normal, kegiatan tersebut juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Seperti pemeriksaan suhu tubuh hingga mewajibkan penggunaan masker. Seusai mendonorkan darahnya, nantinya para pendonor akan mendapatkan sertifikat sebagai bentuk apresiasi dari pihak panitia serta mendapatkan masker berlogokan kegiatan tersebut. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.