Klaster TKA di Batam Kian Meluas, Kini Bertambah Tiga Pasien Baru Corona

INTREN.ID, BATAM – Klaster tenaga kerja asing (TKA) industri Kabil Kota Batam kian meluas. Kini tiga orang dinyatakan positif terpapar Covid-19 setelah Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melakukan penelusuran kontak dari pasien nomor 204.

Ketiga pasien baru tersebut merupakan rekan kerja satu perusahaan pasien nomor 204 di Perusahaan Plastik di Kawasan Kabil, Kecamatan Nongsa. Mereka adalah TKA laki-laki berinisial LX (52) beralamat di Mess Perusahaan Kawasan Kabil, mehanical engineer di perusahaan plastik tersebut.

LX yang ditetapkan sebagai pasien nomor 214 mengaku pada tanggal 4 Juni 2020 melakukan perjalanan ke Jakarta dan kembali ke Batam pada 5 Juni 2020. Akhirnya tim surveillance melakukan pemeriksaan RDT dengan hasil ‘IgM Reaktif” dan dilanjutkan pemeriksaan Swab Tenggorokan pada tanggal 22 Juni 2020 dengan hasil positif.

Kedua seorang tenaga kerja lokal laki-laki berinisial K (23) Karyawan, beralamat di Perumahan Kavling Senjulung Kelurahan Kabil Kecamatan Nongsa. K merupakan karyawan di perusahaan tersebut namun namun beda divisi dari pasien nomor 204 dan tidak pernah kontak langsung. Kini K ditetapkan sebagai pasien nomor 215.

Ketiga adalah tenaga kerja lokal laki-laki berinisial AB (22), juga karyawan di perusahaan plastik yang bertempat tinggal di Perumahan Bengkong Sadai. AB mengaku tidak pernah kontak langsung dengan pasien nomor 204, serta berbeda divisi.

- ADVERTISEMENT -

Namun setelah tim surveilans melakukan pemeriksaan RDT dengan hasil ‘aigG Reaktif’ dan dilanjutkan dengan pemeriksaan swab tenggorokan pada 22 Juni 2020, kini AB ditetapkan sebagai pasien nomor 216. Ketiganya kini telah menjalani perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatan di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Batam Didi Kusmarjadi menyampaikan, telah ada lima orang terpapar dari klaster TKA industri Kabil tersebut.

“Untuk pengecekan swab telah kita lakukan terhadap 37 orang dari penelusuran kontak pasien nomor 204. Dan telah ada lima yang dinyatakan positif, sementara 32 lainnya mendapat hasil negatif untuk swab pertama. Jadi harus tetap mengikuti swab kedua baru bisa lega,” ungkap pria yang sering di panggil Capt Corona Batam tersebut, Jumat (26/6/2020). (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.