- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Klasemen Akhir Liga Inggris 2019/2020, Mereka yang Berjaya dan yang Terdegradasi

INTREN.ID – Gelaran Liga Inggris Premier League musik 2019/2020 selesai sudah. Setelah semua tim telah melakoni laga di pekan terakhir, Ahad (26/7/2020).

Dalam laga terakhir tersebut, Liverpool sukses membukukan kemenangan atas Newcastle United. Menang 3-1, The Reds makin memantapkan posisi sebagai yang teratas di klasemen akhir liga.

Laga ini jelas tidak menentukan posisi Liverpool yang telah memastikan gelar juara pada pekan 31. Namun begitu kemenangan ini membuat skuat asuhan Juergen Klopp tersebut memecahkan dua rekor. Yaitu rekor jumlah kemenangan 32 kali dan jumlah total poin 99 poin.

Di peringkat kedua klasemen akhir ada Manchester City dengan 81 poin. Sebagaimana Liverpool, The Citizens juga mengakhiri musim dengan kemenangan. Malahan skuat asuhan Pep Guardiola ini membantai juru kunci klasemen, Norwich City lima gol tanpa balas. Norwich City yang dipastikan terdegradasi dari kasta tertinggi Liga Inggris pun makin merana.

Laga di Etihad Stadium itu turut menjadi perpisahan indah bagi David Silva. Gelandang asal Spanyol itu yang mengakhiri kariernya bersama Manchester City usai sepuluh tahun membela tim ini.

Berikutnya Manchester United dan Chelsea masing-masing berada di peringkat tiga dan empat klasemen akhir. Menariknya kedua tim yang sama-sama meraih poin penuh itu menang dua gol tanpa balas di laga terakhir musim ini.

Manchester United menekuk Leicester City di Stadion King Power, sementara Chelsea menumbangkan Wolverhampton di Stamford Bridge. Perebutan peringkat tiga dan empat ini terbilang seru lantaran kedua tim sama-sama membukukan 66 poin. Yang membedakan hanya selisih golnya dengan ‘Setan Merah’ unggul 15 gol.

- ADVERTISEMENT -

Empat peringkat teratas tersebut yaitu Liverpool, Manchester City, Manchester United, dan Chelsea dipastikan mewakili Inggris dalam kompetisi Liga Champions musim depan.

Di peringkat berikutnya secara beturut-turut berikut poinnya ada Leicester City (62), Tottenham Hotspur (59), Wolverhampton (59), dan Arsenal di peringkat kedelapan dengan 56 poin. Hasil ini membawa Leicester City langsung ke fase grup Liga Europa, disusul Tottenham yang memastikan satu tiket ke babak kualifikasi kedua Liga Europa.

Sementara Wolverhampton mesti menunggu laga Chelsea melawan Arsenal di Piala FA 1 Agustus mendatang demi mengetahui kepastian nasib mereka di Liga Europa. Bila Chelsea menang, tiket fase grup jatuh ke Tottenham sementara Wolverhampton mendapat tiket fase kualifikasi babak kedua.

Lantas tiga tim di posisi buncit klasemen akhir yaitu Bournemouth (34), Watford (34) dan Norwich City (24) dipastikan degradasi ke Divisi Championship. Aston Villa terselamatkan dari jurang degradasi di peringkat 17, dengan hanya berselisih satu poin (35) dari Bournemouth.

Posisi tiga klub yang terdegradasi itu pada Liga Premier Inggris musim 2020/2021 digantikan juara Divisi Championship Leeds United dan runner-up West Bromwich Albion. Satu tiket lagi bakal diperebutkan empat tim peserta playoff yakni Brentford, Fulham, Cardiff City, dan Swansea City.

Penyerang Leicester City Jamie Vardy menyabet sepatu emas atau Golden Boot setelah memuncaki daftar pencetak gol terbanyak di Liga Inggris musim 2019/2020. Vardy mendapat gelar topskorer berkat 23 gol yang dicetaknya. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.