Khusus Buat Pemula, Berikut Posisi Bermain Ski yang Benar

INTREN.ID, REYKJAVIK – Ski adalah sebuah olahraga yang dinamis dan penuh dengan keseruan. Para pemula sebaiknya terlebih dahulu menguasai teknik dasar. Mintalah seorang pelatih ski yang berpengalaman untuk melatih kamu secara teratur.

Saat memilih tempat bermain ski, para pemula sebaiknya memilih tempat yang tidak terlalu curam, tingkat kemiringan kira-kira 6 derajat. Landasannya harus luas, sebaiknya sekitar 50 meter.

Selain itu, harus ada kereta gantung untuk mengantarkan pemain ski, kualitas salju harus bagus, serta harus ada mesin perawatan salju untuk merapikan dan merawat permukaan salju. Ini sangat penting bagi pemula.

Posisi berdiri yang utama bagi pemain ski dinamakan juga “posisi berdiri atlet”. Posisi berdiri saat memakai papan seluncur salju adalah posisi tubuh yang harus dipertahankan setelah memasuki arena ski, dengan ditambahkan beberapa gerakan tubuh yang sederhana.

Posisi seperti ini tubuh menjadi santai dan ditopang oleh kerangka, jangkauan pandang menjadi luas, serta memudahkan untuk mengatur dan mengendalikan tubuh agar tidak cepat lelah.

- ADVERTISEMENT -

Posisi ini seharusnya dijadikan teknik bermain ski yang pertama, karena posisi dasar merupakan teknik dasar dan hampir digunakan dalam seluruh bidang olahraga ski. Ia memiliki pengaruh yang menentukan dan bertahan lama terhadap segala jenis teknik bermain ski.

Posisi dasar bermain ski adalah posisi seimbang. Posisi bersiap yang tepat menjadi pembuka yang baik saat belajar ski. Tahap permulaan harus dilaksanakan di permukaan salju yang datar.

Pelajari posisi bersiap, pisahkan papan seluncur, berdirilah dengan seimbang selebar bahu, dan titik berat berada pada tengah-tengah kedua lengkung kaki.

Bebankan berat secara seimbang pada papan seluncur, pergelangan kaki agak dimiringkan, lutut dan bokong juga sedikit dimiringkan, punggung harus tegak dan santai, kedua lengan dimiringkan, tangan diluruskan ke bawah hingga ke ujung ski boot dan sama tinggi dengan pinggang.

Setelah selesai mengatur posisi, badan harus rileks. Pertahankan sebentar, lalu berdiri tegak, ulanglah beberapa kali. Maju beberapa langkah ke depan atau ke samping, miringkan badan ke depan, gunakan betis untuk mendorong ski boot, lalu miringkan badan ke belakang, rasanya seperti membebankan berat badan pada bagian belakang papan seluncur, lalu berdiri tegak, ulanglah beberapa kali.

Pada saat ini kamu juga bisa memutar lutut ke kanan dan ke kiri, berjongkok dan gerakan seperti memindahkan titik berat pada ujung jari kaki, biarkan dirimu terbiasa dengan keadaan memakai ski boot dan papan seluncur. (red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.