Ketika Polisi Hutan Wanita Terbang Mengangkasa

Dua Srikandi Balai Tanagupa Belatih Pesawat Ultralight Trike

INTREN.ID, PONTIANAK – Balai Taman Nasional Gunung Palung (Tanagupa), Kalimantan Barat melatih delapan personel calon pilot pesawat ultralight trike di pengi Maret 2020. Pelatihan ini dalam rangka mempersiapkan regenerasi dan penyegaran pilot pesawat ultralight trike.

Kedelapan calon pilot yang dilatih merupakan personel dari Balai Tanagupa dan Balai KSDA Kalimantan Barat. Dari delapan calon pilot tersebut, terdapat dua personel wanita, polisi hutan (Polhut) yang memilki keberanian dalam menerbangkan pesawat ultralight trike.

Kedua orang wanita ini diberi julukan “Duo Srikandi” karena keberaniannya menjadi pilot pesawat ultralight trike. Mereka adalah Supriati, polhut dari Balai Tanagupa dan dan yang kedua bernama Nurul S Ramadhani, polhut dari Balai KSDA Kalimantan Barat.

Duo Srikandi ini sekarang sedang belajar dan menjalani latihan dibimbing langsung oleh Wahyudi Santoso, pilot pesawat ultralight trike Balai Tanagupa yang sangat berpengalaman dengan jam terbang selama 720 jam

Supriati mengatakan, mengemudikan pesawat tersebut hal ini merupakan sesuatu yang baru bagi dirinya. Keinginannya untuk belajar mengemudikan ultralight trike berawal dari melihat hasil foto udara.

“Itu membuat saya jadi terpacu untuk belajar. Saya juga yakin apabila saya bisa mengemudikan pesawat ultralight trike ini akan mendukung tugas pokok dan fungsi saya sebagai polhut,” ungkap Supriati.

Balai Tanagupa sendiri telah merilis video pendek dokumentasi pelatihan ini yang berdurasi 3 menit dengan judul “Duo Srikandi Menggapai Mimpi”. Video pendek ini menayangkan tentang kegiatan pelatihan calon pilot di Landasan Pacu / Airstrip Balai Tanagupa yang berlokasi di Desa Sungai Awan, Kabupaten Ketapang.

Saat ini Balai Tanagupa memiliki 2 pesawat ultralight trike yang aktif digunakan. Pesawat ini digunakan untuk kegiatan patroli udara. Selain itu juga digunakan untuk updating data kawasan dengan menggunakan teknik foto udara. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.