Kesembuhan Pasien Capai 98 Persen, Ini Tips Direktur RSKI Covid-19 di Galang

INTREN.ID, BATAM – Perkembangan pasien positif virus corona (Covid-19) di Batam terus menunjukkan tren yang baik. Hal ini ditandai dengan terus meningkatnya jumlah pasien yang dinyatakan sembuh dari paparan Covid-19 di Batam.

Seperti yang terjadi di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Covid-19 Galang yang menjadi salah satu fasilitas kesehatan rujukan. Di rumah sakit ini, telah banyak tercatat kesembuhan pasien yang dirawat.

Direktur RS Covid-19 di Galang, Kolonel Khairul Ihsan Nasution menyampaikan, dari 40 ABK KM Kelud yang pernah menjalani isolasi di RSKI Galang, saat ini hanya tersisa satu orang. Sementara 39 lainnya telah dipulangkan kepada pihak Pelni dengan kondisi yang sehat. Setelah sebelumnya 11 orang dinyatakan negatif Covid-19, sementara 28 lainnya telah dinyatakan sembuh.

Tak hanya itu, beberapa perwira kepolisian yang sempat menjalani perawatan juga telah di pulangkan setelah dua kali menjalani swab dengan hasil negatif.

“Alhamdulillah, untuk tingkat kesembuhan kita mencapai 98 persen,” kata Kolonel Khairul Ihsan kepada intren.id pada Kamis (14/5/2020)

Kata Kolonel Khairul Ihsan, beberapa pasien yang masih menjalani perawatan di RSKI Galang saat ini dalam kondisi yang sangat baik. Bahkan beberapa pasien tengah menunggu hasil swabnya.

- ADVERTISEMENT -

Dokter Spesialis Bedah Saraf itu juga membagikan beberapa tips kesehatan yang bisa dilakukan oleh masyarakat, orang dalam pemantauan (ODP) dan juga pasien dalam pengawasan (PDP) di rumah masing-masing. Untuk menjaga dan meningkatkan stamina diri yang telah diterapkan pada pasien Covid-19, dan mendapatkan hasil sangat baik.

Untuk menjaga dan meningkatkan stamina, Kolonel Khairul Ihsan mengungkapkan bisa dengan rutin mengonsumsi madu di pagi dan sore hari. Berolahraga ringan yang juga dibarengi berjemur di bawah sinar matahari pagi hari.

“Kita juga harus menjaga pikiran agar tidak mudah stres atau bahkan depresi. Karena berpikir secara positif adalah kunci utamanya,” ungkapnya.

Tak hanya itu, pria kelahiran Medan, 15 Juli 1971 tersebut juga berpesan kepada masyarakat untuk tetap menggunakan masker ketika beraktivitas di luar ruangan. Untuk bisa menghentikan penyebaran Covid-19.

“Semua harus berpartisipasi sesuai kemampuan masing-masing. Naik untuk menjaga diri, lingkungan hingga yang bertugas merawat agar pandemi ini segera berakhir,” imbaunya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.