Kesadaran Berlalu Lintas Rendah, Ratusan Pengendara Terjaring Razia

INTREN.ID, BATAM – Kesadaran para pengguna jalan raya di Batam dalam berlalu lintas tampaknya masih perlu ditingkatkan. Pasalnya, masih saja ada pengendara yang terjaring dalam razia lalu lintas akibat tidak membawa kelengkapan surat-surat.

Sebagaimana dalam razia yang digelar Polresta Barelang, Kamis (12/3/2020) di Stadion Tumenggung Abdul Jamal. Ratusan pengguna kendaraan roda dua hingga roda empat terjaring dalam razia ini.

Jumlah pelanggaran yang terjadi dalam beberapa jam razia ini mencapai 228. Pelanggan yang dilakukan pun beragam, dengan konsekuensi tindakan kepolisian menahan kendaraan dan surat-surat.

Ipda Sofrinal selaku Kasubnit 1 Turjawali Satlantas Polresta Barelang, menyatakan, masyarakat harus terus meningkatkan kesadaran diri saat berkendara. Yaitu dengan melengkapi surat-surat ataupun atribut keselamatan berkendara.

“Ada beberapa pelanggaran, dari mulai tidak bisa menunjukkan surat-surat hingga tidak memakai helm,” ungkap Sofrinal perihal pelanggaran yang dilakukan pengendara.

Dikatakan, pihak kepolisian tak segan mengambil tindakan tegas dengan menyita kendaraan pelanggar. Hal ini dilakukan bila penggunanya tidak bisa menunjukkan satupun kelengkapan surat kendaraan.

Sementara dengan masih banyaknya pengendara yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), Sofrinal mengklaim sejatinya telah melakukan  langkah sosialisasi. Kegiatan sosialisasi sudah dilakukan di sekolah ataupun pada masyarakat luas.

“Khusus di sekolah ada unit Dikyasa yang terus melakukan sosialisasi. Agar para siswa yang telah cukup umur segera mendaftar diri mengikuti tes untuk mendapatkan SIM,” sebutnya.

Pun demikian, dalam waktu satu pekan, kepolisian melakukan kegiatan rutin serupa  sebanyak dua kali pada beberapa titik yang telah ditentukan. Razia ini menyasar seluruh kendaraan yang melintas, guna meningkatkan kesadaran kelengkapan saat berkendara. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.