Kenalan dengan Irfan Setiaputra, Dirut Baru Garuda Indonesia

INTREN.ID, JAKARTA – Irfan Setiaputra resmi ditunjuk sebagai Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar Rabu (22/1/2020) di Auditorium Garuda City Center (GCC) Garuda Indonesia Management Building, Komplek Perkantoran Soekarno Hatta. Selain Irfan, Triawan Munaf juga diangkat sebagai Komisaris Utama Garuda Indonesia.

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, pihaknya mencari figur terbaik yang untuk mengelola flight carrier, Garuda Indonesia.  

“Saya harap Pak Irfan Setiaputra bisa menjalankan amanah dengan baik, mengikuti prinsip good corporate governance dan bisa membawa Garuda lebih baik lagi,” ujar dia.

Sementara pengangkatan Triawan Munaf sebagai komisaris utama diharapkan mampu memberikan masukan dan strategi pemasaran untuk meningkatkan citra Garuda yang sempat terganggu. Sedangkan Zannuba Ariffah Chafsoh alias Yenny Wahid menjadi komisaris.

“Khusus untuk Ibu Yenny Wahid, figur perempuan yang sangat mumpuni, Bu Yenny merupakan komisaris independen perwakilan publik yang dapat dipercaya“, jelas Erick.

Sebelumnya, nama Irfan memang telah muncul sebagai calon kuat Dirut Garuda.  Lantas seperti apa rekam jejaknya?

Pria kelahiran Jakarta, 24 Oktober 1964 ini telah memiliki sejumlah rekam jejak di sejumlah sektor bisnis, mulai dari dunia telekomunikasi hingga pertambangan.

Irfan merupakan lulusan Sarjana Informatika dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Mengutip laman MWA ITB, ia merupakan anggota Majelis Wali Amanat Wakil Alumni.

Sejak lulus dari ITB, Irfan juga telah berkarier di sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informatika. Ia pernah berkarier di IBM, LinkNet, hingga Cisco. 

Pada tahun 2000, ia pernah meraih penghargaan IBM STAR of the STARS Award, IBM Professional Achievement Award, dan Best CEO versi majalah SWA.

Di Cisco, Irfan pernah menjabat sebagai Managing Director. Saat itu, ia berhasil meningkatkan bisnis Cisco Indonesia dari 25 juta dollar AS menjadi 125 juta dollar AS.  Ia memegang jabatan tersebut hingga 7 tahun lamanya.

- ADVERTISEMENT -

Kemudian, Irfan menjabat sebagai Dirut PT Industri Telekomunikasi Indonesia (PT Inti) pada tahun 2009 hingga tahun 2012. Ia mengundurkan diri tiga tahun setelah menjabat sebagai Dirut PT Inti dengan alasan gaji yang kecil.

Selanjutnya, Irfan menjadi CEO di sebuah perusahaan pertambangan, PT Titan Mining Indonesia dari tahun 2012 hingga 2014. Kemudian, pada Juli 2014 hingga Mei 2017, ia menjadi CEO di PT Cipta Kridatama, sebuah perusahaan yang bergerak di sektor batu bara.

Tak hanya itu, Irfan juga tercatat menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO) ABM Investama Tbk PT (ABMM), selama satu tahun, yaitu dari tahun 2015 hinga 2016. Ia pernah menjadi President Director dan CEO PT Reswara Minergi Hartama.

Sementara, kariernya dalam satu tahun terakhir adalah sebagai CEO Sigfox Indonesia, yaitu sebuah perusahaan Internet of Things (IoT). Sebagai pimpinan baru, Irfan memiliki sejumlah pekerjaan rumah.

Sebelum didapuk sebagai Dirut Garuda Indonesia, Irfan mengakui sempat diajak berdiskusi oleh tim Menteri BUMN. Diskusi itu membahas tentang kelanjutan perusahaan-perusahaan pelat merah ke depan.

“Sebagai orang yang pernah di BUMN, saya dimintai pandangan,” ujar Irfan. Namun, saat berdiskusi dengan Kementerian BUMN itu, Irfan mengakui belum mendapat tawaran sebagai dirut untuk perusahaan pelat merah apa pun. (***)

Biodata

  • Nama: Irfan Setiaputra
  • Tanggal Lahir: 24 Oktober 1964
  • Tempat Lahir: Jakarta Indonesia
  • Agama: Islam
  • Istri: Luthfiralda Sjahfirdi
  • Almamater: Teknik Informatika ITB 89

Riwayat Pekerjaan:

  • CEO Sigfox Indonesia (2019)
  • President Director & CEO Reswara Minerga Hatama (2017)
  • CEO PT Cipta Kridatama (2014-2017)
  • COO & Director PT ABM Investama (2015-2016)
  • President Director & CEO PT Titan Mining Indonesia (2012-2014)
  • President Director PT Industri Telekomunikasi Indonesia (2009-2012)
  • Managing Director PT Cisco Systems Indonesia (2002-2012)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.