Kemenag Bontang Bakal Laksanakan Manasik Haji Online

Masih Menunggu Arahan Pusat, Sembari Menyiapkan Sapras

INTREN.ID, BONTANG – Kementerian Agama (Kemenag) Bontang hingga saat ini masih menunggu instruksi lebih lanjut terkait kebijakan dari Kemenag RI yang menginstruksikan agar pelaksanaan manasik haji saat ini dilakukan secara online. Ini diberlakukan lantaran adanya larangan berkumpul atau berkerumun sebagai upaya memutus rantai penularan Covid-19.

Kepala Kantor Kemenag Bontang, Muhammad Isnaini menuturkan, pada dasarnya untuk bimbingan kepada beberapa individu calon jemaah haji (calhaj) sudah dilakukan. Namun untuk yang bersifat kolektif, masih belum. Materi-materi yang berkaitan dengan manasik online juga belum dikirimkan dari pusat, sehingga pelaksanaannya belum bisa dilakukan dalam waktu dekat.

“Saat ini juga masih menyelesaikan tahap pelunasan. Sembari menunggu itu, kami juga akan lakukan persiapan untuk bimbingan manasik secara online ini,” ucapnya, Selasa (14/4).

Terkait sarana dan prasarana (sapras), Isnaini menyebut, Kemenag akan menyiapkan segala sesuatunya untuk mendukung pelaksanaan manasik online ini. Seperti aplikasi video conference, maupun jaringan internetnya.

“Kami rasa sekarang sudah banyak calon jemaah yang memiliki smartphone sehingga bisa untuk mengikuti manasik online. Untuk aplikasi alternatifnya bisa menggunakan zoom meeting. Intinya, segala teknisnya kami masih menunggu arahan dari pusat terlebih dahulu,” tegasnya.

Sebagai informasi, belum lama ini Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) mewacanakan akan melakukan manasik haji secara online untuk para calhaj. Ini imbas dari diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Direktur Jenderal (Dirjen) PHU Kemenag RI, Nizar Ali menyebut, Kemenag telah menyiapkan materi bimbingan manasik berbasis audio visual yang bisa diunduh di laman haji.kemenag.go.id. Selain bimbingan manasik online, Kemenag juga akan mengoptimalkan pengiriman buku manasik, serta pemberian materi manasik melalui media massa. Hal ini bertujuan untuk memberikan persiapan secara optimal kepada para calon jemaah haji Indonesia. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.