- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Kembali Dilanjutkan September, Ini Skema New Normal Liga Indonesia

INTREN.ID, JAKARTA – Saran dan klub Liga 1 dan Liga 2 Indonesia terkait kelangsungan kompetisi musim ini mendapat jawaban dari PSSI. Dalam hal ini, PSSI akan melanjutkan kembali kompetisi Liga Indonesia pada September mendatang.

Dalam rapat virtual Selasa (2/6/2020), diketahui bakal banyak penyesuaian terjadi pada kompetisi yang kembali dilanjutkan untuk tahun ini. Penyesuaian di lakukan di tengah kenormalan baru atau New Normal karena pandemi virus corona baru (Covid-19). Alhasil kompetisi musim 2020 dimulai dengan format yang baru.

Pertimbangan kompetisi sepak bola harus kembali digulirkan lantaran status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun depan. Kompetisi dianggap sebagai sesuatu yang vital untuk itu.

Diketahui, Liga 1 bakal dimulai kembali pada September 2020 dengan skema sentralisasi wilayah untuk menggelar pertandingan. Pulau Jawa diproyeksikan sebagai tempat gelaran pertandingan Liga 1. Setiap klub bakal mendapatkan subsidi Rp 800 juta setiap bulan selama pandemi.

- ADVERTISEMENT -

Tidak ada sistem degradasi yang diberlakukan untuk musim 2020. Hanya dua tim dari Liga 2 yang bakal promosi ke Liga 1 musim depan dari jatah awal tiga tim untuk main di Liga 1 2021.

Sedangkan untuk Liga 2 akan dimulai Oktober 2020. Kompetisi dibagi ke dalam empat grup, masing-masing grup terdiri enam klub. Setiap klub mendapat subsidi Rp 200 juta per bulan selama kompetisi berjalan.

Sebagaimana Liga 1, tidak ada degrafasi di Liga 2. PSSI juga sudah menyiapkan protokol kesehatan untuk Liga 1 dan Liga 2 saat liga berlangsung. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.