- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Kembali Belajar ke Pulau Jawa, Santri Batam Dapat Layanan Rapid Test Gratis dari Pemko

INTREN.ID, BATAM – Pemerintah Kota (Pemko) Batam secara resmi telah melepas ratusan santri asal Batam untuk kembali menuntut ilmu ke sejumlah pondok pesantren (Ponpes) di Pulau Jawa. Mereka terlebih dahulu menjalani rapid diagnosis test (RDT) virus corona baru (Covid-19) untuk memastikan kesehatannya.

Asisten Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Pemko Batam Pebrialin mengungkapkan, secara tegas Pemko Batam memberikan dukungan penuh kepada para santri yang menuntut ilmu di Jawa. Karena pihaknya yakin dan percaya bahwa belajar di pondok pesantren merupakan pilihan yang terbaik, khususnya dalam hal ilmu keagamaan dan santri tentunya adalah orang-orang pilihan.

“Banyak pimpinan bangsa kita adalah alumni santri. Saat ini Wakil Presiden kita juga orang pondok, menteri-menteri juga banyak orang pondok. Jadi saya percaya dewasa nanti kalian akan jadi pemimpin yang hebat dan religius,” ucap Pebrialin saat melepas santri di Bandara Hang Nadim Batam, Rabu (15/7/2020).

Pebrialin juga sedikit menyampaikan kekhawatiran nya, saat melepaskan anak-anak yang membuat jauh dari orang tua di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Atas hal itu dirinya berpesan agar santri saat di pondok nantinya tetap mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan sebagaimana yang dilakukan di kota Batam selama ini.

- ADVERTISEMENT -

“Pulau Jawa khususnya Jawa Timur masih zona merah. Karena itu harus bisa mejaga diri, jaga kebersihan di sana,” kata dia. Dukungan itu direalisasikan dalam pemberian layanan RDT gratis kepada seluruh santri yang akan berangkat.

Di lokasi yang sama, Ketua Himpunan Santri dan Alumni Lirboyo Kota Batam Imam Hasan mengatakan, sebanyak 103 santri dan beberapa wali atau orang tua nantinya akan langsung menuju Ponpes Lirboyo. Sebagian santri ada yang baru akan masuk.

“Semua persyaratan alhamdulillah sudah lengkap. Kami juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wali Kota Batam, Bapak Muhammad Rudi yang telah memberikan program rapid test gratis kepada para santri,” ucap Imam. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.