Kematian Akibat Covid-19 Pertama di Wamena, Pasien Merupakan Anggota DPR Papua

INTREN.ID, WAMENA – Sejak awal Covid-19 mewabah, belum ada pasien yang tercatat meninggal di Kota Wamena. Namun Kamis (15/10/2020) malam, seorang pasien dikonfirmasi meninggal akibat terpapar Covid-19 di ibu kota Kabupaten Jayawijaya itu.

Pasien yang meninggal di RSUD Wamena itu adalah anggota DPR Papua yang dinyatakan positif saat menggelar hearing ke Wamena.

Ketua Tim Percepatan Penanganan Covid-19 Jayawijaya, Jhon R Banua membenarkan adanya kematian di Jayawijaya. Pasien tersebut juga memiliki penyakit bawaan, yakni gula darah.

“Pasien sempat dirawat dua minggu. Saat ditangani oleh tim medis menggunakan ventilator oksigen, gula dalam darah pasien semakin tinggi. Sehingga pasien kehabisan oksigen dan dinyatakan meninggal dunia,” kata Bupati Jayawijaya itu, Jumat (16/10/2020).

Untuk proses pemakaman, kata dia, disesuaikan dengan protokol Covid-19. Kendati sebelumnya pihak keluarga meminta agar pasien dimakamkan sendiri. Setelah dilakukan negosiasi, akhirnya diambil kesepakatan pasien dimakamkan di kampung halaman, namun dengan tetap mengikuti protokol Covid-19.

“Keluarga meminta melakukan pemakaman sendiri di kampung halaman, di Distrik Asotipo. Namun tidak bisa diberikan. Setelah berkoordinasi, akhirnya disepakati pemakaman dilakukan di kampung halaman pasien, namun dengan mengikuti protokol kesehatan,” jelasnya.

Proses pemakaman pun mendapat pengawalan dari Tim Covid-19 dan aparat TNI/Polri. Pengawalan dilakukan saat jenazah dibawa dari RSUD Wamena hingga ke pemakaman yang disiapkan pihak keluarga. Itu dilakukan agar jenazah disentuh oleh keluarga dan kerabat. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.