Keluarga Jadi Klaster Baru Penularan Virus Corona di Bontang, Begini Imbauan Dinas Kesehatan

INTREN.ID, BONTANG – Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang menyebut, dari lima klaster penularan virus corona baru (Covid-19) di Kota Taman saat ini, terdapat sedikitnya 25 klaster keluarga. Dengan jumlah 82 kasus dari 318 kasus yang ada.

Hal ini disampaikan Kepala Diskes Bontang, dr Bahauudin. Dirinya menjelaskan, klaster keluarga terjadi ketika salah satu anggota keluarga terinfeksi Covid-19. Lalu menularkan ke anggota keluarga yang lain, sehingga anggota keluarga ikut tertular saat berada di rumah sendiri.

Penularan ini cepat terjadi akibat kultur budaya di masyarakat yang mengutamakan silaturahmi secara fisik dan melakukan liburan ke tempat yang ramai. Ini diperburuk dengan adanya kasus tanpa gejala, belum melakukan tes kesehatan, atau orang dengan gejala ringan yang enggan melakukan tes karena takut stigma, takut dikucilkan oleh orang di sekitarnya.

“Ditambah kebijakan protokol kesehatan dan sistem monitoring yang ditetapkan oleh pemerintah, perusahaan, maupun otoritas tempat publik tidak bisa menahan transmisi virus ke lingkungan terkecil yaitu keluarga,” sebutnya, Selasa (8/9/2020).

Untuk itu Bahauddin meminta agar di lingkup terkecil yakni keluarga tetap mematuhi protokol kesehatan di mana pun dan kapan pun. Seperti memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan, menghindari kegiatan di ruangan tertutup dan ber-AC, selektif menerima kunjungan dari luar, menunda liburan, dan segera memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan jika terjadi gejala Covid-19. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.