Kelebihan Kapasitas, Puluhan Tahanan Rutan Batam Dipindahkan ke Tanjung Pinang

INTREN.ID, BATAM – Sejak beberapa waktu Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Batam telah mengalami kelebihan kapasitas hingga dua kali lipat. Kepala Rutan Kelas IIA Batam Yan Patmos mengungkapkan kondisi tersebut telah berlangsung sejak beberapa waktu lalu.

Setelah pihaknya berkoordinasi dengan kepala kantor wilayah (Kakanwil) Kepri, opsi pemindahan menjadi Jalan utama penyelesaian masalah tersebut. “Saat ini jumlah penghuni mencapai 980 orang, sedangkan kapasitas kami hanya 450 orang,” kata Yan, Kamis (23/7/2020).

Rencananya warga binaan pemasyarakatan (WBP) dipindahkan menuju rutan kelas IIA Tanjung Pinang dan Lembaga pemasyarakatan khusus Narkotika kelas IIA Tanjung Pinang. Untuk jumlah WBP yang telah dipindahkan pada Kamis (23/7/2020) sebanyak 80 orang, dengan pengawasan ketat dari petugas dan pihak kepolisian.

Selain pemindahan tahanan untuk tetap menjaga kesehatan para WBP, Rutan Kelas IIA Batam juga gencar melakukan rapid test, khususnya bagi tahanan yang baru masuk. “Kasusnya sudah inkrah dari pengadilan, kami lakukan rapid test dan menjalani karantina mandiri di kamar isolasi yang telah disediakan,” ungkapnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.