Kekurangan Paket Sembako Belum Terpenuhi, Begini Penjelasan Kelurahan Batu Besar Batam

INTREN.ID, BATAM – Pihak Kelurahan Batu Besar, Batam mengungkapkan alasan mengapa masih terjadi kekurangan kuota paket sembako di kelurahan tersebut sejak tahap satu hingga tahap empat. Hal tersebut dibeberkan dalam pertemuan antara warga RT 02 RW 01 Kelurahan Batu Besar, Selasa (11/8/2020).

Menurut Lurah Batu Besar Badri, pihaknya telah menyampaikan adanya penambahan data dari sejumlah RT kepada pihak Kecamatan Nongsa sesuai SK dari Wali Kota Batam pada tahap tiga lalu.

“Namun, dari jumlah sekira 650 paket yang telah kami ajukan tidak ada yang terealisasi. Itu sudah termasuk data 101 dari RT 02 RW 01 ini,” ucap Badri.

Dan pada tahap tiga dan empat ini, pihaknya mengakui pendistribusian sembako tersebut masih menggunakan data lama. Karena memang belum ada persetujuan penambahan kuota.

Terkait adanya panolakan sembako dari sejumlah warga RT 02 RW 01 karena masih terjadi kekurangan kuota, akhirnya pihak kelurahan melakukan pendistribusian secara langsung kepada warga yang telah terdata untuk datang ke kantor kelurahan.

Jika tidak mengambil dalam waktu satu pekan, pihak kelurahan akan mengantar langsung ke warga yang belum mengambil. Dan kalau warga tersebut menolak, pihaknya sudah sepakat akan mengalihkan paket sembako sesuai dengan mekanisme yang berlaku kepada warga lain yang tidak terdata di RT 02 RW 01. Dengan melakukan pengecekan secara langsung dan atas persetujuan warga yang telah terdata tersebut.

“Nantinya akan kami berikan waktu selama satu minggu kepada warga untuk mengambil langsung sembako ke kantor kelurahan. Dan jika sampai batas waktu tertentu masih ada tersisa paket sembako, akan kami bagikan kepada warga lain (yang tidak terdata sebagai penerima sembako) di RT setempat,” ungkapnya.

Menurut Badri, pembagian sembako dengan pengalihan data tersebut akan dilakukan dengan mendata warga secara langsung atau turun ke lapangan. Agar pembagian sembako tersebut tepat sasaran. “Ini telah kami diskusikan baik di kelurahan dan nantinya kepada perangkat RT setempat,” paparnya.

Dan pihak kelurahan akan berupaya melengkapi kekurangan paket sembako yang terjadi. “Masih akan kami upayakan untuk memenuhi kekurangan, baik mengajukan kepada pemerintah serta pihak swasta atau pihak ketiga,” ungkap Badri.

Di lokasi yang sama, Anggota DPRD Provinsi Kepri Komisi IV Wahyu Wahyudin mengatakan bakal berusaha menyampaikan kekurangan yang terjadi di Kelurahan Batu Besar tersebut kepada gubernur Kepri, Isdianto.

Dirinya juga mengungkapkan beberapa kemungkinan mengapa kekurangan masih terjadi. Antara lain data yang belum diinput oleh pihak kecamatan atau pemerintah kota (pemko) atau memang tidak adanya penambahan kuota paket sembako. Sehingga masih menggunakan data yang lama untuk pendistribusian.

Wahyu juga meminta pihak kelurahan atau kecamatan untuk mengundang anggota dewan dapil setempat agar hadir pada saat pleno dilakukan. Sehingga bisa ikut mengawal dan memperjuangkan hal itu hingga terealisasi.

“Di sini upaya kerja sama kita dibutuhkan. Baik dari anggota dewan serta masyarakat untuk menyampaikan informasi lainnya,” kata dia.

Wahyu juga telah mendapat informasi bahwa bantuan sembako dari Kemensos juga akan turun sebanyak 50 ribu paket untuk wilayah Kepri. Serta bantuan dari Pemprov Kepri tahap dua juga masih akan dipersiapkan. Jadi pada kesempatan ini, dirinya juga akan mengajukan data kekurangan untuk kecamatan Nongsa, khususnya Kelurahan Batu besar.

Dalam hal ini, Wahyu juga mengajak anggota DPRD kota Batam dapil setempat untuk sama-sama memperjuangkan dan memenuhi kekurangan kuota paket sembako di Kecamatan Nongsa.

“Pastinya akan berjalan dengan baik jika DPRD Kota Batam dan DPRD Kepri berjalan bersama untuk memperjuangkan ini ke masing-masing pimpinan daerah,” ungkapnya.

Wahyu juga menyampaikan apresiasi kepada warga RT 02 RW 01 yang punya inisiator untuk menyampaikan kekurangan sembako tersebut, yang menggambarkan empati terhadap warga lain. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.