- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Kejari Bontang Tetapkan Lima Tersangka Baru Kasus Korupsi Perusda AUJ, Siapa Saja?

INTREN.ID, BONTANG – Lima nama baru kembali ditetapkan tersangka oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Bontang dalam kasus tindak pidana korupsi (tipikor) pengelolaan dana penyertaan modal di tubuh anak Perusahaan Daerah Aneka Usaha dan Jasa (Perusda AUJ). Setelah sebelumnya Dandi Priyo Anggono ditetapkan tersangka.

Hal ini diketahui berdasarkan fakta hukum yang telah terungkap dalam persidangan Dandi Priyo Anggono. Yang kemudian diperkuat dengan pertimbangan majelis hakim dalam putusannya terhadap terdakwa. Dalam fakta hukum tersebut, Kejari Bontang telah mendapatkan dua alat bukti yang cukup.

“Yang kemudian kami lakukan gelar perkara di Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bontang, Dasplin, Rabu (22/7/2020) saat menggelar konferensi pers.

Atas dasar tersebut, Kejari Bontang meningkatkan status lima orang yang sebelumnya sebagai saksi, kini menjadi tersangka. Kajari Dasplin pun telah menerbitkan Surat Penetapan Tersangka, Surat Perintah Penyidikan, dan juga SPDP terhadap masing-masing tersangka.

- ADVERTISEMENT -

Mereka adalah AMA, mantan Direktur Bontang Transport; YIR, mantan Direktur Bontang Investindo Karya Mandiri; YLS, mantan Direktur BPR Bontang Sejahtera; LSK, mantan Direktur Bontang Karya Utamindo; dan ABM mantan Direktur CV Cendana yang merupakan rekanan fiktif Perusda AUJ.

“Setelah proses penyidikan terhadap lima orang yang telah kami tetapkan sebagai tersangka tersebut selesai, maka akan segera kami limpahkan ke Pengadilan,” terangnya.

Adapun terhadap lima nama lain sebagaimana fakta hukum yang terungkap di persidangan kata Daspil, saat ini telah dilakukan tindak lanjut penanganan perkara tahap penyidikan yang prosesnya sedang berjalan. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.