Kegiatan PPATK Dinilai Sangat Vital, Safaruddin Ingatkan soal Pentingnya Keamanan Data

INTREN.ID, JAKARTA – Komisi III DPR RI menggelar rapat kerja dengan Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Ivan Yustiavandana bersama jajarannya, Selasa (13/9/2022). Berbagai persoalan menjadi bahasan utama dalam rapat di gedung dewan itu.

Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Irjen Pol (Purn) Drs H Safaruddin mengatakan, PPATK harus diperkuat. Pasalnya, lembaga negara itu berkaitan erat dengan teknologi. Beragam ancaman, khususnya yang berkaitan dengan kejahatan siber harus bisa diantisipasi bersama.

“Kegiatan PPATK ini sangat vital. Dan menggunakan teknologi. Apakah sudah disiapkan anggaran untuk back up data. Jangan sampai data PPATK diretas juga. Ini kan lagi ramai,” kata anggota Komisi III DPR RI yang membidangi persoalan hukum, keamanan, dan hak asasi manusia itu.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim itu menambahkan, PPATK memiliki peran dalam memberikan rekomendasi kepada pihak-pihak terkait, khususnya tentang transaksi keuangan. Oleh karenanya, perlindungan terhadap data sangat penting.

“Jangan sampai data PPATK ini bocor juga. Mohon penjelasan tentang keamanan data. Karena ini menyangkut data dan rahasia negara. Nanti malah disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggungjawab,” kata Kapolda Kaltim 2015-2018 itu.

Menanggapi Safaruddin, Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana menjelaskan, pihaknya sudah berupaya untuk mengantisipasi adanya pembobolan data. Bahkan, PPATK sudah bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk mengamankan data.

“Kami sudah menyiapkan data center, data recovery center, dan antisipasi adanya kebocoran data. Juga intens berkomunikasi dengan BSSN. Berkat dukungan dari Komisi IIII dapat berjalan dengan baik,” tutup Ivan. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.