Kedisiplinan Rendah Jadi Faktor Munculnya Transmisi Lokal Corona di Bontang

INTREN.ID, BONTANG – Terjadinya transmisi lokal penyebaran virus corona (Covid-19) di Bontang saat ini salah satu faktornya lantaran tingkat kedisiplinan masyarakat yang rendah. Yaitu terhadap kepatuhan menjalani perotokol kesehatan. Hal ini dibuktikan pula dengan melonjaknya kasus di Kaltim khususnya di Bontang.

“Adanya transmisi lokal menandakan bahwa virus sudah ada di tengah-tengah masyarakat. Ketika sudah terjadi transmisi lokal proses penularan terjadi sangat cepat,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang, dr Bahauddin.

Pengabaian terhadap protokol kesehatan sering terjadi ketika berada bersama teman kerja, keluarga, teman dekat, dan merasa masih muda serta masih sehat. Mereka beranggapan karena sesama teman kerja ataupun sesama keluarga, sehingga aman untuk berdekatan dan berkumpul bersama.

Selain itu karena merasa bahwa seseorang tersebut adalah teman dekatnya, maka mereka tidak mau menggunakan masker.

“Persepsi yang salah juga karena merasa muda, tidak punya penyakit bawaan, imunitas tinggi, pasti tidak akan tertular dan jatuh sakit,” jelasnya.

Selain itu, karena seseorang tersebut merasa berada di ruang terbuka, aman untuk beramai-ramai dengan masyarakat luas. Ditambah merasa tidak memiliki gejala corona, sehingga mereka merasa bisa beraktivitas bebas semaunya tanpa memperhatikan protokol kesehatan.

“Selalu gunakan masker dengan benar dan patuh pada protokol kesehatan. Hindari pertemuan berkelompok bersama orang yang tidak serumah dan tidak esensial. Selamatkan diri, keluarga dan masyarakat sekitar dengan menjadi orang yang bertanggung jawab,” pesannya. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.