Kecelakaan Kerja di Galangan PT Marcopolo Shipyard, Tangki Kapal Griya Enim Meledak, Dua Pekerja Tewas Terpanggang

INTREN.ID, BATAM – Galangan kapal milik PT Marcopolo Shipyard di Sei Pelunggut, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, mendadak heboh, Kamis (20/10/2022). Tangki kapal MT Griya Enim meledak di dry dock 2 galangan tersebut. Kapal dengan call sign PNMR itu diketahui memiliki IMO Number 9178238 dan MMSI Number 525114041.

Musibah itu menyebabkan dua pekerja tewas mengenaskan. Mereka adalah TW (23) kelahiran Kisam Jaya 27 Juli 1999 dan berinisial PJ (23) yang Kampung Kapeh 31 Maret 1999. Jasad keduanya ditemukan dalam kondisi terpanggang. Dua pekerja lainnya, RH (23) dan WH (28) mengalami luka bakar parah.

Kronologisnya, tangki meledak saat empat pekerja membuka valve (tutup tangki) di dalam cruide oil tank (COT). Saat pekerjaan dimulai, tiba-tiba api menyambar dan membakar empat korban hingga tubuh mereka terpanggang.

Belakangan diketahui jika tangki tersebut merupakan tangki bekas bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite yang notabene mudah terbakar saat tersambar api. Dua korban tewas di lokasi kejadian posisinya dekat dengan pusat api. Sedangkan dua lainnya sedikit lebih jauh, namun tetap tersambar si jago merah.

Setelah tragedi itu, manajemen PT Marcopolo Shipyard langsung membawa korban ke RS Elizabeth, Sei Lekop. Pihak kepolisian masih menyelidiki kejadian tersebut.

“Iya benar ada laporan kecelakaan kerja di kawasan galangan kapal PT Marcopolo Shipyard. Anggota pun langsung ke lokasi untuk indentifikasi para korbannya,” kata Kapolsek Sagulung, Iptu Nyoman Mahendra melalui Kanit Reskrim, Ipda Hasmir kepada awak media ini, Jumat (21/10/22) siang.

Ketika ditanya mengenai pemeriksaan saksi-saksi, pihaknya mengaku belum ada yang diperiksa. Pasalnya, polisi masih fokus terhadap para korbannya.

“Laporan polisi sudah kami terima, akan tetapi untuk pemeriksaan terhadap para saksi-saksi pun belum ada. Karena kami masih fokus menangani para korban,” katanya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.