Kebakaran di Jalan H Agus Salim Samarinda, Hotel dan Rumah Penduduk Ludes Dilalap Api

INTREN.ID, SAMARINDA – Si jago merah mengamuk di Kota Samarinda, Rabu (5/8/2020) malam sekira pukul 20.20 Wita. Lokasinya di Jalan H Agus Salim. Tepatnya di Gang A, RT 18 dan RT 19 Kelurahan Sungai Pinang Luar, Kecamatan Samarinda Kota.

Akibat kejadian itu, puluhan bangunan jadi arang. Berdasarkan informasi yang dihimpun, sebanyak 25 bangunan di RT 18 hangus. Sementara 25 kepala keluarga (KK) yang terdiri dari 100 jiwa terlantar.

Sedangkan di RT 19, bangunan yang tinggal puing terdiri dari 11 rumah, empat tempat usaha, serta satu hotel. Jumlah penghuni meliputi 17 KK yang terdiri dari 85 jiwa.

Dengan demikian, jika kedua RT itu dijumlah, bangunan yang terbakar mencapai 40. Sementara yang terimbas sebanyak 42 KK yang terdiri dari 185 jiwa.

Tak hanya itu saja, sebanyak tiga relawan dilaporkan terluka saat berjibaku memadamkan api. Beberapa warga juga mengalami luka. Kendati demikian, beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Belasan kendaraan pemadam gabungan dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda, Korem 091/ASN, hingga swasta berhasil memadamkan api sekira pukul 22.30 Wita. Sekitar 20 mesin pompa portable juga dikerahkan oleh relawan.

“Alhamdulillah sudah padam. Kendala di lapangan adalah akses menuju TKP (tempat kejadian perkara) sempit. Kesulitan lainnya adalah minimnya titik air,” kata pimpinan PMK Korem 091/ASN, Kopka Agus Suprianto.

Belum diketahui secara pasti penyebab kejadian nahas itu. Hingga saat ini, pihak berwenang masih melakukan penyelidikan. Namun dugaan sementara akibat korsleting listrik di salah satu rumah warga. (***)

Reporter: Satria Dirgantara

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.