Kasus Penipuan Berkedok Investasi Marak di Kaltim, Safaruddin Imbau Masyarakat Tak Mudah Tergiur Keuntungan Besar

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Kasus penipuan berkedok investasi menjadi atensi Polda Kaltim. Pasalnya, kasusnya terus terjadi berulang kali, bahkan dengan modus yang semakin canggih. Dari catatan kepolisian sudah ada 16 laporan terkait investasi bodong. Hal itu terungkap dalam talk show bertema “Waspada Penipuan Bermotif Investasi” garapan Polda Kaltim yang digelar di Atrium Mall Pentacity Balikpapan.

Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Irjen Pol (Purn) Drs H Safaruddin mengimbau kepada masyarakat Benua Etam untuk lebih hati-hati dalam memilih instrumen berinvestasi. Masyarakat juga jangan terlena dengan iming-iming keuntungan besar yang dijanjikan, tanpa tahu latar belakang investor tersebut.

“Kita harus lebih hati-hati, cermat, dan cerdas dalam memilih instrumen berinvestasi. Harus jelas legalitasnya, latar belakangnya, dan usahanya apa. Bukan terlena dengan tawaran keuntungan besar dalam waktu singkat,” kata anggota Komisi III DPR RI yang membidangi persoalan hukum, keamanan, dan hak asasi manusia itu.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim itu menambahkan, stakeholders terkait, mulai dari kepolisian, pemerintah, perbankan, hingga lembaga pengawas keuangan harus rutin memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak terjerumus dalam praktik investasi bodong. Sinergitas para pemangku kepentingan diperlukan untuk mencegah adanya korban investasi bodong.

“Selain itu, masyarakat juga harus proaktif dalam menekan kasus penipuan berkedok investasi. Jika ada yang menawarkan investasi dengan iming-iming yang tidak wajar, sebaiknya lapor ke polisi. Sehingga bisa langsung ditindaklanjuti agar tidak ada masyarakat yang dirugikan,” tutup Kapolda Kaltim 2015-2018 itu.

Sejauh ini Polda Kaltim sudah menerima sejumlah laporan terkait investasi bodong. Kasus penipuan berkedok investasi terus terjadi berulang kali, bahkan semakin lama semakin banyak dengan modus yang semakin canggih. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.