Kasus Pasien Terpapar Covid-19 di Kaltim Terus Melesat, BPBD Lakukan Penyemprotan Disinfektan

INTREN.ID, SAMARINDA – Kasus positif Covid-19 belum juga mereda. Angkanya terus melesat. Sementara tingkat kesembuhan beberapa depa di belakang. Angka sembuh tak bisa melewati angka positif dalam beberapa hari terakhir ini.

“Tentu ini sangat mengkhawatirkan, belum lagi sebentar memasuki libur Natal dan Tahun Baru 2021,” kata Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim, Yudha Pranoto, Minggu (20/12/2020).

Masyarakat kembali diingatkan agar tidak memandang remeh Covid-19. Sekalipun pemerintah memberi kelonggaran untuk aktivitas ekonomi dan sosial demi menggerakkan roda perekonomian, namun diminta tetap mematuhi protokol kesehatan.

Pemerintah menginginkan ekonomi masyarakat bergerak normal seperti sebelum adanya pandemi, tetapi di sisi lain kasus positif baru tidak bertambah. Covid-19 tidak diberi celah untuk menyebar ke individu-individu yang lain.

“Jika kita disiplin, kasus positif tidak mungkin setinggi ini,” tegas Yudha.

Disiplin yang ia maksud adalah disiplin menerapkan protokol kesehatan, meliputi disiplin memakai masker, menjaga jarak aman (tidak berkerumun), dan rajin mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

Total tambahan kasus positif Sabtu (19/12/2020) kemarin sebanyak 269 kasus. Sementara sembuh 240 kasus. Tingkat kesembuhan 84,3 persen dan tingkat kematian 2,8 persen.

Kerja sama masyarakat dan kerja keras Satgas diyakini akan membawa banyak kebaikan bagi upaya memutus rantai penyebaran Covid-19. Tapi sebaliknya, jika dua komponen ini tak bersinergi, maka Covid-19 akan terus melaju dan menyebar.

Salah satu upaya menekan laju penyebaran Covid-19 itu, personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim terus melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah kantor, meski di hari libur kerja.

Beberapa kantor yang disemprot adalah Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPRPR), Dinas Pendidikan, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), serta UPTD Teknologi Terapan Perkebunan Dinas Perkebunan Kaltim. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.