- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Kasus Corona di Bontang Meroket, Akhirnya Ditetapkan Menjadi Transmisi Lokal

INTREN.ID, BONTANG – Angka pasien terkonfirmasi positif terpapar virus corona di Bontang terus meroket. Teranyar, Ahad (9/8/2020) hari ini terjadi penambahan kasus sebanyak delapan orang. Kini, delapan pasien tersebut disebut sebagai kasus BTG 28, BTG 29, BTG 30, BTG 31, BTG 32, BTG 33, BTG 34, dan BTG 35.

Semuanya masuk dalam klaster baru, yakni klaster perusahaan. Kendati demikian, Kepala Dinas Kesehatan Bontang, dr Bahauddin dalam konferensi persnya enggan menyebutkan perusahaan mana yang dimaksud.

“Silakan cari sendiri,” ujarnya saat ditanya awak media.

Tidak hanya itu, kini dengan adanya klaster baru ini, Kota Taman ditetapkan telah terjadi transmisi lokal. Yang mana, diketahui tujuh dari delapan kasus baru ini saling keterkaitan.

Dalam paparan Bahauddin, kasus BTG 28 merupakan seorang laki-laki berusia 31 tahun dan merupakan salah seorang karyawan perusahaan. Sedangkan pasien BTG 29-35, semuanya merupakan karyawan di perusahaan yang sama. Mereka dilaporkan terkonfirmasi positif oleh tim covid perusahaan tempat mereka bekerja setelah menerima hasil pemeriksaan PCR di RS Pertamina Jakarta.

- ADVERTISEMENT -

Diketahui, pasien BTG 29-34 berjenis kelamin laki-laki, dan pasien BTG 35 berjenis kelamin perempuan. Kini beberapa di antara mereka ada yang dirawat di salah satu rumah sakit swasta, dan ada pula yang melakukan isolasi mandiri dengan difasilitasi oleh perusahaan.

“Secara umum kondisinya baik,” terang Bahauddin.

Ketika ada kasus ini, pihak perusahaan terkait pun juga telah melakukan tracing kontak dan melakukan pegambilan spesimen untuk rapid test antigen dan swab PCR kepada 339 orang yang pernah kontak erat dengan pasien BTG 29-35.

“Hingga saat ini, tim gugus covid masih menunggu 373 hasil swab tes. 339 swab dari perusahaan, dan 34 dari tim gugus covid,” pungkasnya. (***)

 

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.