Kasus Corona di Batam Bertambah, 10 Jemaat Gereja Positif Tertular

INTREN.ID, BATAM – Pasien terkonfirmasi positif virus corona baru (Covid-19) di Kota Batam kembali bertambah 10 orang. Hal ini diketahui setelah BTKLPP Batam mengeluarkan hasil pemeriksaan swab pada Jumat (29/5/2020) yang telah ditandatangani Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Kesepuluh pasien baru tersebut merupakan hasil tracking dari pasien Baloi bernomor 49 di Kota Batam. Yang terdiri dari lima wanita dan lima pria bertempat tinggal di kawasan Batam Center, Sagulung dan Sekupang.

Diketahui mereka adalah jemaat salah satu gereja di Batam, yang pernah closes contact dengan temannya terkonfirmasi kasus positif nomor 49 dan pendetanya yang merupakan terkonfirmasi nomor 82. Yaitu pada saat pertemuan dalam rangka persiapan ibadah online.

Mereka meliputi pasien bernomor 111, laki-laki berinisial EW (30), karyawan swasta beralamat di Perumahan Pulo Mas Batam Centre; pasien bernomor 112, laki-laki berinisial DP (37), karyawan swasta beralamat di Perumahan Citra Laguna.

Lalu pasien bernomor 113, laki-laki berinisial ASM (47) beralamat di perumahan Bunga Raya Batam Centre beserta istrinya, pasien bernomor 114 ibu rumah tangga (IRT) berinisial HH (47) dan anaknya pasien nomor 115, mahasiswi berinisial YAR (20).

Kemudian pasien bernomor 116, laki-laki berinisial HWK (57) karyawan swasta beralamat di Perumahan Cipta Villa; pasien bernomor 117, perempuan berinisial RG (31) wiraswasta beralamat di Perumahan Eden Park beserta anak perempuannya, pasien bernomor 118, pelajar (8).

- ADVERTISEMENT -

Selanjutnya pasien bernomor 119, laki-laki berinisial YAY (34) staf gereja beserta istrinya, pasien nomor 120, IRT berinisial All (31) beralamat di kawasan perumahan Pulo Mas. Sampai saat ini, kesepuluh pasien tersebut dalam keadaan stabil dan telah dirujuk ke Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Covid-19 Galang Kota Batam.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam menyatakan, kesimpulan sementara masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus. Sebagaimana hasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan hingga saat ini terhadap seluruh klaster terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Batam.

Kata dia hal ini berkaitan berbagai klaster yang ada ataupun kasus baru yang terjadi. Baik dari transmisi lokal maupun impor.

“Hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol dan imbauan dari pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus penyakit Covid-19,” tegas Rudi. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.