Kasus Baru Positif dan Kematian Akibat Corona Alami Penurunan

Pemerintah Terima 20 Ribu Tes Kit untuk Pengujian

INTREN.ID, JAKARTA – Kasus positif virus corona baru (Covid-19) di Indonesia terus bertambah. Per Senin (20/4/2020), jumlahnya menjadi 6.760 kasus. Kabar baiknya, terjadi penurunan dalam jumlah kasus baru Covid-19.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menuturkan, penambahan yang terjadi pada Senin sebanyak 185 kasus. Angka ini terbilang turun bila dibandingkan penambahan kasus baru pada Ahad (19/4/2020) kemarin yaitu 327 kasus.

“Yang sembuh 747 orang. Sudah barang tentu kriteria sembuh ini berdasarkan kondisi klinis yang sudah membaik dan tidak membutuhkan layanan rumah sakit lagi. Dan yang kedua secara serial dua kali berturut-turut dua kali pemeriksaan PCR-nya negatif,” urai Yusrianto.

Penurunan juga terjadi pada angka kematian. Penambahan yang terjadi pada Senin ini yaitu delapan kasus. Sehingga kini jumlah kematian akibat Covid-19 sebanyak 590 jiwa. Angka penambahan ini mengalami penurunan, setelah pada Ahad kemarin bertambah 47 kasus.

- ADVERTISEMENT -

“Mari kita berpartisipasi bersama-sama memutus rantai penyebaran Covid-19, salah satunya dengan menggunakan masker,” sebut Yurianto.

Pemerintah, kata dia, telah memeriksa 49.767 spesimen dari 43.749 orang untuk pengujian virus Covid-19 pada 36 laboratorium di seluruh Indonesia. Jumlahnya akan ditambah seiring telah diterimanya 20 tes kit untuk keperluan pengujian.

“Hingga 20 April pukul 12.00 WIB kami laporkan kinerja pemeriksaan di 36 laboratorium sudah bekerja secara aktif, hari ini akan menjadi lebih banyak lagi setelah pukul 12.00 WIB seiring dengan telah diterimanya 20 ribu tes lebih yang kita terima kemarin,” urai Yurianto.

Penambahan kasus positif baru yaitu sebanyak 79 di DKI Jakarta, lima kasus di Bali, Banten 29 kasus, DIY dua kasus, Jawa Barat 25 kasus, Jawa Tengah tiga kasus, Kalimantan Timur empat kasus, Kalimantan Tengah 14 kasus, Kalimantan Utara lima kasus, NTB 11 kasus, Sumatera Barat dua kasus, dan Riau empat kasus. Sementara 21 provinsi lainnya tidak tercatat penambahan kasus baru. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.