Karantina Wilayah di Batam, Pemko Siapkan Sembako Gratis

INTREN.ID, BATAM – Wali Kota Batam Muhammad Rudi berencana memberlakukan karantina wilayah untuk Kota Batam. Karantina wilayah direncanakan berlaku selama dua pekan. Ini dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19 alias corona.

Rudi yang juga kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam menjelaskan, keputusan itu berdasarkan hasil kesepakatan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batam. Penekanan dari karantina wilayah ini adalah physical distancing atau jaga jarak fisik.

“Forkopimda sepakat, untuk menerapkan physical distancing di Kota Batam,” jelas Rudi, Selasa (31/3/2020).

Dia menerangkan, karantina wilayah diberlakukan mengacu pada kebutuhan pengamanan. Pengawasan tidak hanya dari penegak hukum, karantina per zona tersebut diharapkan dapat memudahkan dalam melacak penyebaran corona.

“Pengamanan dibagi menjadi tiga zona, karena mampunya hanya tiga kecamatan,” jelasnya.

Diakui Rudi, karantina wilayah bisa saja melahirkan masalah sosial. Sebut saja seperti pasokan kebutuhan warga. Namun, Pemko Batam bersama BP Batam berupaya mencari solusi untuk mengatasi kebutuhan pokok masyarakat Kota Batam.

“Kebutuhan pokok diberikan bagi masyarakat yang betul-betul melaksanakan karantina mandiri saat karantina wilayah terjadi. Apalagi ada yang bekerja dari rumah atau tidak bekerja selama musibah ini. Tentu mereka butuh makan,” jelasnya.

Bagi masyarakat mampu, jelas Rudi, diharapkan memenuhi kebutuhannya sendiri tanpa berharap bantuan pemerintah.

“Saat ini sedang didata, by name, by address, dan by phone,” tutup Rudi. (***)

 

Reporter: Agung Maputra

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.