- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Kader Demokrat Batam Kembali Tegaskan Dukungan ke Helmy Hemilton, Berikut Alasan dan Harapannya

INTREN.ID, BATAM – Keikutsertaan Helmy Hemilton dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Batam disambut hangat pengurus, kader, dan simpatisan Partai Demokrat. Mereka kembali menegaskan dukungannya kepada wakil ketua DPRD Batam periode 2014-2019 itu.

Tidak hanya pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Batam saja yang solid mendukung kader muda terbaik partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu. Pengurus Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) hingga organisasi sayap partai satu suara.

Baca juga: Helmy Hemilton, Tokoh Muda Batam yang Kritis Memperjuangkan Kepentingan Masyarakat

Ketua DPAC Partai Demokrat Kecamatan Batu Aji, Desnal menegaskan dukungannya terhadap Helmy. Dia berharap, ke depannya Helmy mampu membuat Batam semakin maju dan bisa mendatangkan investor lebih banyak lagi.

“Jika hal itu terjadi (mendatangkan investor, Red.), kemungkinan pengangguran di Kota Batam bisa menurun,” ucap Desnal, Rabu (5/8/2020).

Meskipun, ada beberapa nama yang muncul dari Partai Demokrat, Desnal memastikan bahwa pengurusnya tetap kokoh untuk mendukung Helmy dalam pilkada.

Baca juga: 14 Alasan Kenapa Helmy Hemilton Layak Memimpin Kota Batam

Senada dikatakan ketua DPAC Partai Demokrat Kecamatan Sagulung, Hamidi. Dia mengungkapkan kesiapannya dalam menjalankan perintah dan keputusan partai.

“Apabila partai telah memutuskan Bung Helmy sebagai cawako (calon wali kota) atau cawawako (calon wakil wali kota), tentu kami akan semaksimal mungkin memenangkan Bung Helmy,” ucap Hamidi

Ke depan, dirinya berharap setelah Helmy terpilih, agar segera melakukan pembenahan Kota Batam. Di mana, lebih menitikberatkan pada infrastruktur.

Kemudian periode berikutnya agar bisa lebih fokusk pada pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang sesuai kebutuhan industri, khususnya masyarakat tempatan. Sehingga mereka bisa ikut memberikan kontribusi dalam pembangunan ekonomi di Batam.

“Selama ini pembinaan dan pengembangan UMKM (usaha menengah kecil mikro), khususnya industri yang kreatif jauh dari harapan, ini tentu harus ditingkatkan. Pemerintah harus lebih aktif dan kreatif dalam mendatangkan investor ke Batam,” ungkapnya.

Menurut Harmidi, Helmy adalah salah satu dari sedikit kader terbaik partai saat ini dan dia pun cukup rajin menjalin komunikasi dengan DPAC dalam upaya untuk membesarkan partai. “Jadi tentunya harus didukung dengan penuh,” tegas Hamidi lagi.

Baca juga: Helmy Hemilton Dapat Restu dari Partai Demokrat, Rekomendasi Segera Turun

Sementara itu, ketua Badan Pembinaan Organisasi Kaderisasi Kepartaian (BPOKK) DPC Partai Demokrat Batam, Rahmad Sukri Hasibuan mengatakan, sebagai pengurus partai wajib untuk memenangkan calon yang berasal dari Partai Demokrat dalam pilkada mendatang.

“Apalagi itu rekomendasi jatuh kepada Bung Helmy Hemilton. Sudah tentu itu dan wajib untuk kita dukung,” katanya.

Ke depannya, Rahmad berharap Helmy langsung merangkul dan merajut semua unsur elemen Partai Demokrat yang ada di Batam tanpa terkecuali.

“Sampai sekarang, atas perintah Rapat Harian DPC Partai Demokrat Kota Batam, saya masih on the rack membantu dan mendukung Bung Helmy,” tutup Rahmad.

Baca juga: Andil Mallarangeng ke Helmy Hemilton: Saatnya yang Muda Memimpin Batam

Dukungan juga hadir dari kader senior partai berlambang segitiga mercy itu, Bahar Sultoni. Dia mengungkapkan, sesuai arahan dan instruksi ketua umum Partai Demokrat, AHY bahwasanya kader internal yang akan diutamakan untuk mendapatkan rekomendasi calon kepala daerah.

“Oleh karena itu DPC Partai Demokrat Kota Batam telah mengadakan rapat pleno beberapa waktu lalu dan telah menetapkan memberikan rekomendasi kepada Helmy Hemilton sebagai calon wali kota/wakil wali kota,” ucapnya.

Hal itu, tentunya disambut gembira oleh para kader Partai Demokrat di Batam. Karena memang Helmy adalah kader asli Demokrat yang konsisten dan tetap berada di partai.

- ADVERTISEMENT -

“Kalau yang lain, statusnya sudah keluar dari Partai Demokrat saat pencalonan dirinya sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) pada Pemilu 2019 lalu. Jadi pada prinsipnya tidak ada hal yang menghalangi untuk turunnya rekomendasi kepada Helmy sesuai dengan instruksi dan arahan ketua umum Partai Demokrat, Mas AHY,” tegas Sultoni.

Baca juga: Akbar Tanjung Dukung Helmy Hemilton, Siap Jadi Jurkam di Pilkada Batam

Sebelumnya, DPC Partai Demokrat Kota Batam bulat mendukung kader terbaiknya, Helmy Hemilton. Keputusan itu berdasarkan hasil rapat DPC partai berlambang segitiga mercy itu, Senin (6/7/2020) lalu.

Plt ketua DPC Partai Demokrat Kota Batam, Hotman Hutapea menegaskan, dukungan penuh diberikan pengurus, kader, hingga simpatisan partai untuk wakil ketua DPRD Batam periode 2014-2019 itu.

Hotman juga menegaskan bahwa pihaknya telah mengetahui track record Helmy dalam dunia politik. Dia optimistis Helmy bisa mempertanggungjawabkan kepercayaan yang telah diberikan.

“Partai Demokrat memiliki tiga Kursi, kami masih berusaha melobi salah seorang calon untuk bisa disandingkan dengan orang dari internal Demokrat. Karena Helmy merupakan wakil ketua DPC, jadi akan kami dorong beliau (Helmy, Red.) untuk bisa disandingkan dengan calon tersebut,” ucapnya.

Kendati demikian, Hotman enggan menyebutkan nama calon yang dimaksud. Kata dia, pihaknya masih menunggu calon tersebut diusung oleh salah satu partai politik (parpol) untuk bisa berkoalisi dengan Demokrat. Untuk penempatan orang internal dari Demokrat, Hotman melihat situasi yang ada.

“Akan kami lihat nanti seperti apa, yang pasti akan kami dukung internal kami (Demokrat, Red.) untuk maju sebagai Batam Satu (calon wali kota) atau Batam Dua (calon wakil wali kota),” ungkapnya.

Helmy, lanjut dia, merupakan kader partai yang telah bergabung sejak 2007. Pengalaman di parlemen juga membuat relasinya terjalin baik. Dukungan penuh internal Demokrat dilatarbelakangi oleh kontribusinya ke partai yang tidak bisa dianggap remeh. Tidak hanya terhadap rekan politisi, namun juga kepada seluruh pengurus DPC dan Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) serta simpatisan partai Demokrat se-Kota Batam.

Kendati Helmy mendapat dukungan penuh dari pengurus, kader, dan simpatisan, DPC Partai Demokrat Kota Batam juga menyodorkan beberapa nama lain. Hotman juga menyampaikan adanya seorang kader baru partai yang siap bertarung dalam Pilkada Batam.

Selain mendaftar ke partainya sendiri, Helmy juga telah mendaftar ke Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Dan sampai saat ini, koalisi yang sudah muncul adalah PDIP, Gerindra, dan PKB dengan mengusung Lukita-Basyid.

Untuk mengusung sepasang calon di Batam, dibutuhkan minimal 10 kursi. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan 8 kursi, telah berkoalisi dengan Gerindra (6 kursi) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang memiliki 3 kursi dengan mengusung Lukita-Basyid.

Kemudian, Partai Golongan Karya (Golkar) dan Nasional Demokrat (Nasdem) masing-masing memiliki 7 kursi. Disusul PAN dan PKS dengan 5 kursi. Sementara itu Hanura meraih 4 kursi, Demokrat 3 kursi), dan sisanya Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan PSI dengan 1 kursi.

Keputusan DPC Partai Demokrat Kota Batam itu sejalan dengan perintah ketua umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono. Dalam Kongres V Partai Demokrat, di JCC Senayan, Jakarta 14 Maret 2020 lalu, AHY meminta semua kader di penjuru nusantara untuk menyukseskan hajat demokrasi tahun ini.

AHY menegaskan, Demokrat akan mengusung kadernya untuk maju dalam pilkada serentak. “Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) juga sepakat untuk ke depan (pilkada, Red.), mari kita mengutamakan untuk kader partai sendiri,” tegas AHY.

Menurutnya, jika Demokrat sukses menghadapi pilkada tahun ini, maka tidak menutup kemungkinan akan memudahkan pada pesta demokrasi berikutnya. Untuk memenuhi target itu, AHY sendiri mengaku sudah menjalin komunikasi dengan ketua DPD dan DPC. Dia meminta, dalam persiapan menghadapi pilkada, Demokrat tidak boleh terlambat menentukan sikapnya.

“Semua menyampaikan kepentingan ataupun concern yang sama bahwa kita tidak boleh ketinggalan kereta dalam mencari koalisi, dalam mencari tiket untuk mengusung pasangan calon,” katanya.

Sementara itu, AHY mematok dua syarat bagi kader jika ingin maju dalam pilkada. Dua syarat itu adalah keinginan yang kuat dan kesiapan yang sungguh.

“Itu semua harus siap agar kita juga benar-benar punya kemampuan untuk berkompetisi dengan calon-calon lainnya,” katanya.

Bahkan, saat kunjungannya ke Batam beberapa waktu lalu, AHY memberikan lampu hijau langsung ke Helmy. “Di Kepri ada beberapa kader terbaik Partai Demokrat, salah satunya beliau (sambil menunjuk Helmi Hemilton),” kata AHY. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.