Kadar Zakat Fitrah di Bontang Tertinggi Se-Kaltim

Selisih Rp 5 Ribu dari Samarinda

INTREN.ID, BONTANG – Kadar zakat fitrah di Bontang menjadi yang tertinggi se-Kaltim. Hal ini diketahui setelah Kementerian Agama (Kemenag) Bontang mengeluarkan kadar zakat fitrah, zakat mal atau harta, dan fidyah untuk wilayah Bontang dan sekitarnya.

Dalam surat keputusan tersebut, kewajiban setiap muslim mengeluarkan zakat fitrah adalah sebesar 1 sha’ atau setara 2,5 kilogram makanan pokok (beras). Jika dibayarkan dalam bentuk uang, maka nilainya terbagi dalam tiga kategori. Kategori terendah Rp 40 ribu, kategori pertengahan Rp 50 ribu, dan tertinggi Rp 60 ribu.

“Bagi muzaki yang akan mengeluarkan zakat mal dapat menyesuaikan nisab hartanya senilai 85 gram Emas Murni dengan harga Rp 969.000 per gram. Pada saat jatuh tempo haul harta yang dizakati,” kata Kepala Kantor Kemenag Bontang, Muhammad Isnaini.

Selain itu, bagi yang wajib membayar fidyah, maka kewajiban yang harus dibayar untuk per harinya sebesar 1 mud atau kurang lebih 7 ons beras. Beserta lauk pauknya satu porsi makanan kebiasaan sehari-hari individu yang bersangkutan.

- ADVERTISEMENT -

“Bila diuangkan antara Rp. 10-15 ribu,” jelasnya.

Jika dilihat perbandingan dengan 9 kabupaten/kota lain di Kaltim, kadar zakat fitrah di Bontang merupakan yang terbesar. Untuk kategori tertingginya sama dengan Samarinda sebesar Rp 60 ribu, namun untuk kategori pertengahan Bontang menetapkan Rp 50 ribu, selisih 5 ribu dari Samarinda yang menetapkan Rp 45 ribu.

Untuk kategori terendah, Bontang menetapkan Rp 40 ribu, selisih 5 ribu dari Samarinda yang menetapkan Rp 35 ribu. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.