Kabar Baik! Gaji dan Pensiun Ke-13 ASN dan TNI/Polri Cair Agustus Mendatang

INTREN.ID, JAKARTA – Kabar baik bagi Aparatur Negeri Sipil (ASN), TNI, dan Polri. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan, pemerintah bakal membayarkan gaji dan pensiun ke-13 pada Agustus 2020. Pembayaran ini sekaligus langkah stimulus perekonomian nasional.

Dalam konferensi pers daring, Selasa (21/7/2020), Sri menyebut pemerintah telah menyiapkan anggaran senilai Rp 28,5 triliun. Anggaran melalui APBN untuk gaji dan tunjangan yang melekat pada gaji ASN pusat Rp 6,73 triliun dan pensiun ke-13 Rp 7,86 triliun serta ASN daerah melalui APBD Rp 13,89 triliun.

Tetapi terdapat pengecualian, gaji dan pensiun ke-13 itu tidak akan diberikan kepada pejabat negara, eselon I, eselon II, dan pejabat setingkat. “Gaji ke-13 diberikan kepada seluruh ASN, TNI, dan Polri yang berada tidak masuk dalam kategori tersebut,” beber Sri.

Untuk pelaksanaan kebijakan gaji ke-13 tahun 2020, lanjutnya, dilakukan melalui perubahan PP 35/2019 dan PP 38/2019. Ini lantaran kategori penerimanya mengalami perubahan.

Dalam hal ini Sri menyatakan pihaknya bakal melakukan koordinasi dengan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Perubahan PP diharapkan rampung dalam satu hingga dua pekan. Sehingga pada Agustus sudah bisa melakukan pelaksanaan pembayaran.

Pun demikian Kementerian Keuangan juga bakal terusterus memantau pembayaran gaji ke-13 di setiap kementerian/lembaga (K/L) maupun daerah mulai Agustus mendatang. “Kami bakal terus monitor terutama perubahan PP 35 dan PP 38 untuk disegerakan dan pelaksanaan di tiap K/L dan daerah mulai Agustus nanti,” tegas Sri. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.