Jutaan Petani Bakal Dapat Insentif Selama Tiga Bulan

Berupa Bantuan Uang Tunai dan Sarana Produksi

INTREN.ID, JAKARTA – Pemerintah bakal memberikan insentif senilai Rp 600 ribu bagi 2,44 juta petani di Indonesia. Sebagaimana ditegaskan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Selasa (28/4/2020).

“Pemerintah juga melihat pada saat ini untuk memberikan insentif kepada para petani. Jumlah petani kategori miskin sebanyak 2,44 juta untuk diberikan insentif agar bisa menanam di periode berikutnya,” sebut Airlangga.

Dijelaskan, pemerintah akan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 600 ribu. Rinciannya Rp 300 ribu merupakan bantuan tunai dan Rp 300 ribu berupa sarana prasarana produksi pertanian. Bantuan akan diberikan selama tiga bulan.

“Sarana prasarana produksi tersebut terdiri dari bibit, pupuk, dan sarana produksi lainnya. Ini diharapkan periodenya selama tiga bulan dan teknisnya nanti akan segera diumumkan oleh Kementerian Pertanian,” bebernya.

- ADVERTISEMENT -

Airlangga menambahkan, stok beras nasional saat ini mencukupi menjelang hari raya Idulfitri 2020. Sekalipun Indonesia tengah menghadapi pandemi Covid-19. Dilihat dari produksi beras, pada bulan April akan ada panen sebesar 5,6 juta ton.

“Ini sesuai dengan tren yang terjadi pada 2018 puncaknya di Maret dan pada 2019 lalu puncaknya di Maret dan April. Oleh karena itu cadangan beras secara keseluruhan tersedia,” bebernya.

Kata Airlangga, total cadangan beras stok nasional mencapai 6,3 juta. Bagi provinsi yang terbatas stoknya, Perum Bulog akan memasoknya. Disebutkan, memang ada beberapa daerah yang mengalami cadangan terbatas. Tetapi pemerintah akan memantau distribusi dan aliran stok berasnya.

“Nanti Bulog dan Kementerian Perdagangan akan melakukan operasi. Agar stok pangan di daerah bisa tercapai. Ada arahan presiden tentunya untuk monitor kebutuhan pangan, kemudian ketersediaan beras baik di Bulog atau masyarakat dan di penggilingan dan di daerah-daerah,” urainya. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.