- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Jumlah Pasien Positif Covid-19 Melonjak Tajam, Balikpapan “Lockdown” Tiga Hari

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Tingkat penyebaran Covid-19 di Kota Balikpapan mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Jika pada 1 Juli 2020 tercatat ada 193 kasus, maka per tanggal 12 Agustus 2020 menjadi 857 kasus dan 45 orang meninggal dunia.

Wali Kota Balikpapan, HM Rizal Effendi mengatakan, sebagian besar adalah orang tanpa gejala (OTG). Sehingga, sulit diidentifikasi keberadaannya di tengah masyarakat.

“Oleh karena itu, terhitung mulai 14-16 Agustus 2020, Pemerintah Kota Balikpapan kembali memberlakukan pembatasan sementara kegiatan masyarakat dalam rangka kewaspadaan dan antisipasi penyebaran cepat dan meluas wabah Covid-19 di wilayah Kota Balikpapan,” katanya.

Rizal pun mengeluarkan Surat Edaran Nomor 440/0448/Pem untuk menekan penyebaran virus beralias corona itu. Selama tiga hari pemberlakuan “lockdown” alias penutupan itu, masyarakat diharapkan mematuhi dan melaksanakan isi surat edaran serta menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari.

Berikut salinan lengkap dari surat edaran tersebut:

 

Wali Kota Balikpapan

Kepada Yth :

  1. Pelaku Usaha/Penanggung Jawab/Pengelola tempat dan fasilitas umum :
  2. Pendidikan Anak Usia Dini dan Bimbingan Belajar;
  3. Warung Makan, Restoran, Cafe dan Angkringan;
  4. Kawasan Kuliner/Lapak Jajanan/PKL;

Tempat Wisata, Sarana Olahraga dan Area Publik;

di-

Balikpapan

 

SURAT EDARAN

Nomor : 440/ 0448 /Pem.

TENTANG

PEMBATASAN SEMENTARA KEGIATAN MASYARAKAT

- ADVERTISEMENT -

DALAM RANGKA KEWASPADAAN DAN ANTISIPASI MASA PENYEBARAN CEPAT

DAN MELUAS WABAH COVID-19 DI WILAYAH KOTA BALIKPAPAN

Dasar :

  1. Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2020, tanggal 4 Agustus 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 dan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2020, tanggal 10 Agustus 2020 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan Kepala Daerah dalam rangka Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 di Daerah;
  2. Pertimbangan bahwa semakin cepat dan meluasnya penyebaran wabah Covid-19 di Kota Balikpapan pada kurun waktu satu bulan terakhir, dari 193 kasus pada tanggal 1 Juli 2020 menjadi 857 kasus positif Covid-19 pada tanggal 12 Agustus 2020 dan 45 orang yang meninggal dunia. Mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebagian besar adalah orang tanpa gejala (OTG) sehingga sulit untuk diidentifikasi keberadaannya di sekitar kita, sehingga semua orang perlu waspada dan mengantisipasi masa penyebaran cepat dan meluas wabah Covid-19 tersebut, secara khusus di tempat dan fasilitas umum yang memungkinkan adanya kerumunan massa.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, disampaikan sebagai berikut:

  1. Pendidikan Anak Usia Dini (Taman Kanak-Kanak, Raudhatul Athfal, Kelompok Bermain, Satuan PAUD sejenis, Taman Pengasuhan Anak) dan bimbingan belajar, untuk sementara agar tetap melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring dan tidak melakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah, sampai dengan ada pengaturan lebih lanjut dari Pemerintah Kota Balikpapan;
  2. Seluruh warung makan, restoran, cafe dan angkringan, untuk sementara waktu selama 3 (tiga) hari, dari hari Jumat tanggal 14 Agustus 2020 sampai dengan Minggu tanggal 16 Agustus 2020, tidak diperkenankan memberikan pelayanan makan di tempat dengan tidak menyediakan meja dan kursi/lesehan sajian makan, tetapi hanya memberikan pelayanan kemasan dibawa pulang (take away);
  3. Kawasan kuliner/lapak jajanan/PKL/tempat wisata, sarana olahraga dengan jenis olahraga kontak fisik secara langsung atau yang menimbulkan kerumunan massa, dan area publik terdiri dari: Kawasan Melawai, Lapangan Merdeka, Kawasan Bekapai, Balikpapan Permai, PKL Mobil Kawasan Balikpapan Baru, Taman Tiga Generasi dan Taman Kawasan Kecamatan Selatan, Taman Lalu-lintas Sepinggan, Kawasan Stadion Batakan, Kawasan Grand City, Lapangan Poni, Kawasan Dome, Kawasan Balikpapan Tenis Stadion untuk sementara waktu ditutup selama 3 (tiga) hari, dari hari Jumat tanggal 14 Agustus 2020 sampai dengan Minggu tanggal 16 Agustus 2020;
  4. Kepada seluruh warga Kota Balikpapan, secara khusus para pelaku usaha/penanggung jawab/pengelola tempat dan fasilitas umum, agar memperhatikan dan menjaga disiplin menerapkan/menyediakan fasilitas protokol kesehatan, guna pencegahan dan pengendalian Covid-19 di tempat masing-masing yaitu:
  • Menggunakan masker yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu;
  • Menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer;
  • Menjaga jarak (physical distancing) dengan orang lain minimal 1 (satu) meter;
  • Menghindari kerumunan massa dan tidak melakukan kontak fisik langsung dengan orang lain;
  • Selama masa penutupan sementara agar dimanfaatkan untuk melakukan pengecekan kembali penyedian sarana cuci tangan dan melakukan pembersihan serta disinfeksi lingkungan di tempat masing-masing.
  1. Pemerintah Kota Balikpapan dalam waktu segera, akan mengeluarkan Peraturan Wali Kota (Perwali) yang memberi sanksi kepada siapa saja yang melanggar protokol kesehatan seperti tersebut di atas.

Dikeluarkan di Balikpapan

Tanggal 12 Agustus 2020

 

Wali Kota Balikpapan

Selaku Ketua Gugus Tugas

 

H. M. Rizal Effendi, SE.

(***)

Reporter: Satria Dirgantara

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.