Jumlah Pasien Corona Bertambah, Wali Kota Batam: Memang Saya Naikkan

INTREN.ID, BATAM – Jumlah pasien positif virus corona baru (Covid-19) di Batam terus mengalami penambahan. Menariknya, Wali Kota Batam Muhammad Rudi menyatakan pihaknya sengaja menaikkan jumlah pasien tersebut.

Dari data yang dirilis Pemerintah Kota (Pemko) Batam per 27 Mei 2020, pasien positif Covid-19 di Kota Batam telah berjumlah 109 Orang. Dengan rincian sebanyak 53 orang wanita dan sebanyak 56 orang pria.

Dari data tersebut, sebanyak 10 pasien dinyatakan meninggal dunia dengan rincian empat wanita dan enam pria. Serta telah ada sebanyak 35 pasien yang kini dinyatakan sembuh.

Menanggapi peningkatan tersebut, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menyampaikan bahwa dirinya sengaja menaikkanya. “Batam Naik, karena memang saya naikkan,” ucap Rudi, Rabu (27/5/2020).

Namun Rudi menjelaskan, kenaikan tersebut bukan semata-mata hanya kurva atau grafiknya. Melainkan berdasarkan penyisiran yang terus dilakukan ke seluruh wilayah di kota Batam bersama Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam.

“Kami baru dapatkan bantuan 3.600 lebih alat rapid test. Dan itu langsung kami pergunakan untuk bisa mengetahui di mana orang-orang yang sakit dengan melakukan penyisiran,” ungkapnya.

Penyisiran terus dilakukan tidak lain untuk mengetahui siapa saja yang positif Covid-19. Karena tidak sedikit pasien yang kini masuk ke dalam Orang Tanpa Gejala (OTG). Apabila didapati hasil terkonfirmasi positif Covid-19, maka tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bisa melakukan tindakan selanjutnya untuk membantu perawatan pasien Covid-19.

“Batam tidak mengajukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar, Red.), karena kami ingin lebih fokus untuk melakukan penyisiran. Menurut saya untuk mengobati orang yang sakit maka kita harus tahu dahulu siapa yang sakit,” katanya.

Dari 109 pasien covid-19, terdapat penambahan sebanyak 13 kasus baru. Dari jumlah tersebut sebanyak 35 orang sembuh dan 10 orang lainnya meninggal dunia. Saat ini para pasien tersebut tengah menjalani perawatan di rumah sakit.

- ADVERTISEMENT -

Adapun penambahan 13 pasien positif Covid-19 tersebut di antaranya laki-laki berinisial YPDP usia 22 Tahun, pegawai swasta beralamat di Perumahan Bengkong Kolam yang merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 97 Kota Batam. Lalu pasien kedua seorang anak Balita perempuan berinisial KDS usia 1,3 Tahun, beralamat di Perumahan Kampung Seraya, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 98.

Selanjutnya pasien ketiga laki-laki berinisial G usia 64 Tahun, pekerja swasta, beralamat di Perumahan Kavling Bakau Serip, kasus baru Covid-19 Nomor 99 Kota Batam. Kemudian Beralih pasien keempat laki-laki berinisial LAS usia 34 Tahun, pekerja swasta beralamat di Perumahan Sukajadi, kasus baru Covid-19 Nomor 100 Kota Batam.

Diikuti pasien kelima perempuan berinisial EM usia 46 Tahun, ibu rumah tangga (IRT), beralamat di Perumahan Palm Spring, kasus baru Covid-19 Nomor 101 Kota Batam. Kemudian pasien keenam, laki-laki berinisial RAM usia 41 Tahun, pekerja swasta beralamat di Perumahan Kavling Senjulung, kasus baru Covid-19 Nomor 102 Kota Batam.

Pasien ketujuh, kedelapan, kesembilan dan kesepuluh masing-masing perempuan berinisial LR usia 21 tahun, laki-laki berinisial DM usia 29 tahun, MRD usia 19 tahun dan BF usia 25 tahun. Keempat pasien nomor 103, 104, 105 dan 106 ini merupakan pekerja swasta yang beralamat di kawasan perumahan Palm Spring.

Beralih ke pasien kesebelas, laki-laki berinisial RPJP usia 30 Tahun, merupakan ASN instansi vertikal, beralamat di Perumahan GMP Sei Pancur. Sementara pasien kedua belas perempuan berinisial SSS usia 52 tahun, pekerja swasta beralamat di Perumahan Purimas Batam Centre.

Pasien terakhir, pasien ketigabelas yaitu remaja putri berinisial ES usia 17 Tahun. ES berstatus pelajar yang beralamat di Perumahan Palm Spring, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 109 Kota Batam. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.