Jumat Berkah di Sepinggan Raya, Safaruddin Bagikan Sarapan Gratis untuk Fakir Miskin, Lansia, dan Yatim Piatu

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Gerimis yang mengguyur Kota Balikpapan, Jumat (3/9/2021) pagi tak menyurutkan semangat anggota DPR RI Dapil Kaltim, Drs H Safaruddin untuk berbagi. Melalui momen Jumat Berkah, makanan siap saji didistribusikan kepada warga yang membutuhkan.

Melalui Rumah Aspirasi Safaruddin, makanan untuk sarapan dibagikan kepada fakir miskin, warga lanjut usia (lansia), dan anak yatim piatu. RT 20 dan RT 22 Kelurahan Sepinggan Raya, Kecamatan Balikpapan Selatan jadi sasaran. Hadir pula dalam kegiatan itu, Ketua PAC PDI Perjuangan Balikpapan Selatan, Hadi Susanto bersama pengurus.

“Saya mewakili warga sangat berterima kasih kepada Bapak Safaruddin atas sarapan paginya buat warga fakir miskin, lansia, serta anak yatim piatu,” kata Ketua RT 20 Kelurahan Sepinggan Raya, Rita.

Senada dikatakan Ketua RT 22 Kelurahan Sepinggan Raya, Tajuddin. Menurutnya, aksi bagi-bagi sarapan sangat membantu warganya. “Alhamdulillah, Pak Safaruddin membagikan sarapan pagi untuk warga kami. Dari dulu beliau (Safaruddin, Red.) memang peduli dengan wong cilik,” katanya.

Hadi Susanto menambahkan, sesuai perintah partai, pengurus harus terus mendekatkan diri kepada masyarakat. Apalagi PDI Perjuangan merupakan partainya wong cilik.

“Di tengah situasi pandemi ini, kita harus berjuang bersama-sama untuk membantu warga yang membutuhkan. Momentum ini kita lakukan dengan cara bagi-bagi sarapan untuk warga terdampak pandemi. Insya Allah kegiatan seperti ini akan rutin digelar,” kata Hadi.

Sementara, Ketua Tim Rumah Aspirasi Safaruddin, Ridwan mengungkapkan, Jumat Berkah yang digelar setiap pekan merupakan amanat langsung dari Safaruddin. Selain membagikan makanan, pihaknya juga menyerap aspirasi masyarakat.

“Kegiatan bertajuk Jumat Berkah ini digelar rutin dengan harapan dapat membantu sesama. Pendistribusiannya dilakukan langsung ke warga terdampak pandemi serta mereka yang mengalami kesulitan,” kata Ridwan.

Safaruddin yang dihubungi terpisah berharap, bantuan makanan siap saji dapat meringankan beban masyarakat. Dia pun mengapresiasi partisipasi masyarakat dalam memutus rantai penyebaran virus beralias corona itu.

“Saya berharap masyarakat terus mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Selain itu juga mengikuti vaksinasi,” kata anggota Komisi III DPR RI yang membidangi persoalan hukum, keamanan, dan hak asasi manusia itu.

Menurut Kapolda Kaltim 2015-2018 itu, pandemi dapat berakhir melalui partisipasi masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan. Pandemi yang terjadi saat ini melanda semua pihak. Tanpa pandang bulu. Bahkan tidak memandang umur, pekerjaan, hingga status. Semua terdampak.

“Saya yakin dan percaya bahwa di balik situasi pandemi, ada hikmah. Peran masyarakat dalam mengakhiri pandemi sangat besar. Tentunya kita berharap situasi segera pulih, dan kita semua dapat beraktivitas seperti biasa,” tutup pria yang digadang-gadang menjadi Calon Gubernur Kaltim itu. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.