Jokowi Minta Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan terhadap Corona

INTREN.ID, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada seluruh rakyat Indonesia, agar tetap tenang, tidak panik, tetap produktif dengan meningkatkan kewaspadaan terhadap virus corona baru (Covid-19). Sehingga penyebaran virus yang telah menjadi pandemi dunia ini bisa dihambat bahkan dan disetop.

“Dengan kondisi ini saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah,” kata Jokowi saat menyampaikan keterangan pers di Istana Kepresidenan Bogor, Ahad (15/3/2020).

Ditegaskan, saat ini merupakan momen untuk bekerja bersama-sama, saling tolong menolong, dan bersatu padu gotong royong. Jokowi berharap momen ini menjadi sebuah gerakan masyarakat agar masalah-masalah Covid-19 ini bisa tertangani dengan maksimal.

Pria yang pernah menjabat Gubernur DKI Jakarta itu mengklaim, beberapa langkah antisipatif telah dilakukan. Jokowi dan meyakini para menteri tetap bekerja penuh seperti biasa.

“Bahkan hari-hari ini para menteri bekerja lebih keras. Walaupun sebagian dilakukan dengan cara online untuk mengatasi isu kesehatan dan mengatasi dampak perekonomian akibat Covid-19 ini,” sebutnya.

Terkait status darurat nasional yang telah ditetapkan untuk Covid-19, Jokowi menyatakan pemerintah terus melakukan langkah-langkah cepat untuk mengantisipasi beberapa dampak perekonomian. Terutama ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat.

Diakui, dampak pandemi wabah Covid-19 telah memperlambat ekonomi dunia secara masif dan signifikan. Termasuk terhadap perekonomian Indonesia.

“Pemerintah memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok yang cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” terang Jokowi.

Pemerintah juga telah memberikan insentif kebijakan ekonomi sebagaimana telah diumumkan oleh Menko Perekonomian dan jajaran Menteri Perekonomian. Kebijakan dilakukan untuk menjaga kegiatan dunia usaha yang telah berjalan agar tetap berjalan seperti biasa.

Jokowi juga minta kepada kepala daerah untuk mendukung kebijakan ini dan melakukan kebijakan yang memadai di daerah.

“Saya dan seluruh jajaran kabinet terus bekerja keras untuk menyiapkan agar menjaga Indonesia dari penyebaran Covid-19 dan meminimalkan implikasinya terhadap ekonomi Indonesia,” tegasnya. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.