Jokowi Klaim Pemerintah Siap Diawasi Terkait Pandemi Corona

Kurva Penyebaran Virus Harus Sudah Turun di Bulan Juni

INTREN.ID, JAKARTA – Pemerintah siap diawasi terkait penanganan pandemi virus corona baru (Covid-19). Hal ini ditegaskan langsung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Kata dia, semua bagian pemerintahan harus siap untuk diawasi dan dikontrol. Bukan hanya oleh lembaga-lembaga negara seperti DPR, BPK, tetapi juga oleh seluruh masyarakat.

“Semua jajaran pemerintahan harus betul-betul berpegang pada prinsip-prinsip good governance memegang teguh transparansi, memegang akuntabilitas,” kata Jokowi.

Ditegaskan, tujuan pemerintah hanya satu yaitu keselamatan seluruh rakyat. Baik di bidang kesehatan maupun di bidang sosial ekonomi. Dalam mencapai tujuan itu, pemerintah harus bergerak dengan cepat karena betul-betul situasinya bersifat extra ordinary dan memerlukan kecepatan dan ketepatan.

Sesuai target yang diberikan, kurvanya penyebaran Covid-19 sudah harus turunpada bulan Juni. Sementara di bulan Juli harus masuk pada posisi ringan dengan cara apapun.

“Target tersebut tidak hanya dilakukan oleh gugus tugas tapi juga melibatkan seluruh elemen bangsa, jajaran pemerintahan, organisasi-organisasi sosial, masyarakat, relawan, partai politik dan sektor swasta,” bebernya.

Karenanya, penanganan Covid-19 harus dilakukan dengan baik. Jokowi meyakini bila semua pihak bersatu dan disiplin menjalankan protokol kesehatan, Covid-19 bisa diatasi dengan cepat. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.