Jokowi Klaim Klorokuin Produksi Dalam Negeri

Alternatif Obat untuk Penanganan Virus Corona

INTREN.ID, JAKARTA – Salah satu obat yang digunakan untuk menangani virus corona baru (Covid-19) yaitu klorokuin diklaim sebagai produk dalam negeri. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan klorokuin merupakan produksi dari Indonesia dalam hal ini Kimia Farma.

”Ini adalah produksi negara kita, produksi Indonesia. Barang ini adalah produksi Indonesia, produksi Kimia Farma,” sebut Jokowi setelah pengecekan ke Wisma Atlet, Kemayoran, Provinsi DKI Jakarta, Senin (23/3/2020).

Dia menyebut, klorokuin bukanlah obat first line, melainkan obat second line. Pasalnya memang belum ada obat khusus untuk Covid-19 termasuk antivirusnya.

”Tetapi dari pengalaman beberapa negara, klorokuin ini sudah digunakan dan banyak pasien Covid-19 yang sembuh dan membaik kondisinya,” ungkap Jokowi.

Orang nomor satu di Indonesia itu menyatakan, klorokuin bukanlah obat bebas. Sehingga penggunaannya harus melalui resep dokter. Pemerintah dalam hal ini telah memiliki stok klorokuin sebanyak 3 juta.

”Jadi untuk pasien Covid-19 yang ada di rumah sakit jika dianggap dokter yang merawatnya klorokuin ini cocok untuk pasien tersebut, pasti akan diberikan,” papar Jokowi.

Selain klorokuin, Pemerintah juga telah menyiapkan Avigan sebagai alternatif untuk pasien Covid-19. Obat ini sudah dicoba oleh beberapa negara dan memberikan kesembuhan.

“Kami telah mendatangkan 5 ribu, akan kami coba, dan dalam proses pemesanan 2 juta,” tandas Jokowi. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.