Jika Serie A Terhenti Lagi, Klub-Klub Sepakat Tanpa Juara dan Degradasi

INTREN.ID, ROMA – Kompetisi elit Italia, Serie A merencanakan restart musim ini pada 20 Juni mendatang. Meskipun direncanakan memulai kompetisi, namun Federasi Sepak Bola Italia (Federazione Italiana Giuoco Calcio/FIGC) menyiapkan sudah menyiapkan beberapa opsi jika liga terhenti lagi.

Jika Serie A batal restart, opsi pertama adalah adalah dengan playoff dan playout, sementara opsi kedua adalah menentukan klasemen akhir dengan algoritma. Jika memakai algoritma, poin akhir klub dihitung dari poin rata-rata laga home dan away, dikalikan dengan masing-masing laga yang belum dilangsungkan.

Kendati demikian, dalam rapat virtual yang digelar beberapa waktu lalu, klub-klub tidak memilih semua opsi. Mereka sepakat jika kompetisi terhenti gagal restart di tanggal 20 Juni, tidak ada scudetto dan degradasi.

“Kami mendukung solusi untuk selalu menjaga prestasi olahraga jika tak mungkin bagi kami menyelesaikan kompetisi musim ini,” beber perwakilan klub-klub Serie A.

Yang menarik, empat klub elit Serie A seperti AC Milan, Napoli, AS Roma, dan Lazio memilih tidak bersuara alias abstain. Keputusan itu bakal difinalisasi dalam rapat virtual kembali, Senin (8/6/2020) besok. (***)

 

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.