Jika Ada Pekerja yang Enggak Terima THR, Komisi I DPRD Bontang Siap Terima Aduan

INTREN.ID, BONTANG – Kementerian Ketenagakerjaan mengeluarkan surat edaran terkait kewajiban perusahaan membayar tunjangan hari raya (THR) kepada pekerja. Hal itu tertuang dalam edaran nomor M/6/HK.04/IV/2021 tentang pelaksanaan pemberian THR keagamaan yang dikeluarkan 12 April 2021 lalu.

Ketua Komisi I DPRD Kota Bontang, H Muslimin mengatakan, edaran trersebut harus dipatuhi seluruh perusahaan di Kota Taman. Jika terkendala dengan masalah keuangan, ada mekanisme yang harus dilalui oleh perusahaan tersebut.

“Kalau tidak sanggup bayar THR tepat waktu, perusahaan wajib menunjukkan laporan keuangan internal secara transparan. Yang pasti, kewajiban membayar THR harus dijalankan, dengan jumlah sesuai aturan perundang-undangan dan wajib melapor ke Dinas Ketenagakerjaan tujuh hari menjelang Lebaran,” katanya.

Dia menambahkan, pihaknya siap menerima aduan dari pekerja terkait masalah THR. Kendati demikian, sebelum dibawa ke dewan, pekerja dianjurkan berkonsultasi dengan dinas terkait.

“Kami pun mengimbau agar perusahaan di Bontang menjalankan kewajibannya sesuai edaran tersebut. Pandemi tidak boleh dijadikan alasan untuk menunda atau meniadakan THR,” tegas Muslimin. Hal itu juga tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 tahun 2021 tentang Perjanjian Kerja Waktu Tertentu. (***/adv)

Reporter: Herdianto

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.