Jelang Penutupan PPDB Batam, Calon Siswa yang Mendaftar Baru 50 Persen

INTREN.ID, BATAM – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk Tahun Pelajaran (TP) 2020/2021 yang dilakukan secara daring, akan ditutup pada Jumat (26/6/2020) esok hari. Namun hingga kini baru 50 persen calon siswa yang tercatat mendaftar.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Hendri Arulan menyampaikan, setelah 15 hari proses PPDB tersebut berjalan, jumlah siswa yang telah berhasil mendarat melalui website baru berjumlah 50 persen. Sebelumnya, Disdik telah mendata jumlah siswa lulusan SD yang akan mendaftar ke tingkat SMP, dengan jumlah 21 ribu lebih.

Sedangkan untuk calon siswa yang akan mendaftar di tingkat SD, Disdik telah melihat data kelahiran anak dari Disduk Capil yang diperkirakan akan mendaftar di tingkat SD.

“Kalau siswa SD yang lulus ada 21 ribu lebih dan diperkirakan siswa yang akan mendaftar di SD dengan jumlah yang sama. Tapi kami siapkan kuota dengan jumlah maksimal dan perkiraan 44 ribu,” ucap Hendri, saat dihubungi intren.id, Rabu (24/6/2020).

Per tanggal 24 Juni 2020 pada jam 12.00 WIB, telah ada sebanyak 24.434 jumlah pendaftar. Namun baru ada 23.123 calon siswa yang terverifikasi. Yang terdiri dari 10.824 untuk tingkat SD dan 12.299 untuk tingkat SMP.

Hendri juga menyampaikan bahwa masih ada waktu untuk melakukan pendaftaran bagi orang tua calon siswa hingga tanggal 26 Juni 2020 besok. Bagi orang tua calon siswa yang masih belum mengerti atau gagal dalam melakukan pendaftaran, bisa segara mengulang. Atau menghubungi panitia PPDB di sekolah yang akan dituju.

“Sekolah sudah kami buka hingga 10 Jalur dalam satu website tersebut. Dan sudah sangat mudah untuk mengakses laman, jadi bisa dimaksimalkan waktu terakhir ini,” ungkapnya.

Sementara itu Wali Kota Batam Muhammad Rudi menyampaikan, pihaknya siap menambah waktu PPDB apabila hingga batas waktunya masih ada siswa yang belum tertampung. “Jika memang perpanjang waktu PPDB diperlukan ya akan kami berikan. Tetapi kami akan lihat perkembangan dari Disdik seperti apa kondisinya,” kata Rudi, Selasa (23/6/2020).

Di lokasi berpisah, Kepala Sekolah SMPN 3 Batam Wiwik Darwiyati mengungkapkan calon siswa yang telah berhasil mendaftar di sekolah melebihi dari kuota yang ditentukan. Kata Wiwik pada tahun ini SMPN 3 Batam memberikan kuota sebanyak 320 siswa untuk 10 Rombongan Belajar (Rombel).

“Sampai saat ini calon siswa yang berhasil mendaftar berjumlah 741. Dan itu sudah melebihi dari kuota yang ada,” kata Wiwik singkat. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.