Jelang New Normal, Warga Kota Batam Bangun Pintu Pembatas

INTREN.ID, BATAM – Beberapa hari jelang peresmian New Normal di Kota Batam, warga RT 02, RW 01 kelurahan Batu Besar Kecamatan Nongsa bergotong royong membuat portal atau palang pintu.

Ketua RT 02, Nur Basir, mengatakan, pembuatan tersebut atas Inisiatif dari warga untuk bisa meningkatkan keamanan dan kesehatan di wilayah setempat di tengah penyebaran pandemi Covid-19.

“Nantinya, palang pintu ini akan dipasang di jalan utama menuju wilayah sini,” ucap Nur, Minggu (31/5/2020).

Kata Nuh, seluruh biaya pembuatan tersebut merupakan swadaya masyarakat yang ingin menjaga situasi di lingkungan sekitar tetap aman dan terjaga.

Warga Batu Besar saat bergotong royong membuat portal jelang penerapan New Normal di Kota Batam. (Agung Maputra/intren.id)

Tak hanya dilakukan pemasangan palang pintu, warga sekitar juga telah sepakat untuk melakukan penjagaan terhadap orang akan akan memasuki wilayah tersebut.

- ADVERTISEMENT -

Salah satunya mewajibkan pendatang untuk menggunakan masker dan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh.

“Jadi nanti akan ada yang selalu menjaga pintu masuk tersebut untuk melakukan pengawasan terhadap masyarakat yang akan masuk,” ujarnya.

Dengan pemasangan palang pintu tersebut, warga juga berharap bisa meminimalisir angka kriminal di wilayah setempat dengan situasi yang tidak terduga.

“Telah banyak masukkan dari masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban, dan satu persatu masih kita realisasikan dengan melihat kondisi dan situasi,” paparnya.

Meskipun tengah melakukan Goyor royong, warga RT 02, RW 01 juga masih berusaha menjalankan protokol kesehatan seperti penggunan masker dan jaga jarak aman serta mencuci tangan dengan sabun.(***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.